situs bisnis online

Wajib Mempersiapkan Hal Berikut Sebelum Membuat Situs Bisnis Online

Dalam dunia bisnis, salah satu hal yang menjadi perhatian khusus oleh para owner adalah marketing atau strategi pemasaran produk agar dikenal oleh semua kalangan. Cara untuk memperkenalkan barang atau jasa bisa melalui branding produk sebagai tahapan awal.

Selain fokus menjual produk sebanyak mungkin, hadirnya situs bisnis online ini sebagai media untuk membantu promosi dan menyebar luaskan informasi terkait dengan produk yang sudah kamu buat.

Website atau situs online ini menjadi sebuah alat bantu dalam proses marketing atau pemasaran secara online agar mudah ditemukan oleh pengguna melalui mesin pencarian seperti Google.

Namun sebelum, kamu membuat situs bisnis online di Indonesia tersebut ada beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan, diantaranya adalah :

  1. Analisa Kebutuhan Pasar Atau Konsumen

Analisa atau riset kebutuhan dari konsumen merupakan langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai membuat situs bisnis. Kamu bisa menggunakan sosial media sebagai referensi untuk melihat apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen saat ini.

Kamu juga bisa mencari kebutuhan dari kehidupan manusia yang berkait erat dan diperlukan setiap harinya. Bisnis yang seperti inilah dapat mengikuti perkembangan zaman.

  1. Memilih Kategori Produk Yang Akan Dijual

Sebagai pemula di situs bisnis online tanpa modal, ada baiknya kamu menyiapkan satu kategori produk yang akan kamu jual. Sebagai contoh, kamu ingin menjual makanan maka tentukanlah makanan apa yang akan kamu jual.

Hal ini dilakukan untuk kamu bisa fokus dalam menjalankan usaha bisnis pertama kamu. setelah itu barulah kamu bisa mengembangkan bisnis dan memperluas barang yang bisa kamu tawarkan kepada konsumen.

  1. Foto Dan Video Produk Menunjang Promosi

Gambar atau foto paling banyak ditelusuri oleh pengguna internet. Para pengguna lebih suka melihat foto daripada membaca deskripsi produk yang begitu panjang. Maka dari itu, sangat baik bagi kamu untuk melakukan pemotretan produk sebagai media promosi lebih luas lagi.

Selain itu juga gunakan media video promosi sebagai penunjang bisnis kamu. dalam proses pembuatannya, usahakan untuk memberikan tampilan yang begitu berbeda dengan produk lainnya. Ini akan menjadi daya jual dan daya saing tersendiri untuk produk kamu.

  1. Tentukan Supplier Sesuai Kebutuhan

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menentukan supplier sebagai penyedia barang yang akan kamu produksi. Untuk supplier, terdapat dua sistem yang bisa kamu gunakan, seperti dropshipper atau sistem reseller.

Untuk sistem dropship ini kamu bisa langsung memesan barang ke supplier agar bisa diberikan kepada para konsumen. Namun disini, kamu tidak dapat melihat bentuk asli produk tersebut. Maka dari itu, harus teliti jika memilih sistem satu ini.

Atau kamu bisa gunakan sistem reseller, yang mana kamu sudah menyediakan gudang untuk tempat penyimpanan semua barang – barang yang sudah kamu beli. Hal ini dikarenakan kamu akan membeli barang dalam jumlah yang cukup banyak dari supplier.

  1. Membuat Situs Toko Online

Langkah terakhir barulah persiapkan untuk membuat situs bisnis secara online, contoh situs bisnis online yang kamu bisa gunakan situs gratisan seperti blogger maupun WordPress atau yang lainnya. Perlu diingat kamu harus benar – benar jeli menentukan platform mana yang akan digunakan. Jika kamu salah memilih platform maka akan berakibat fatal bagi bisnis kamu.

Persiapan dan perencanaan membuat situs bisnis online harus kamu mulai sejak jauh hari. Beberapa langkah persiapan diatas bisa langsung kamu terapkan sejauh mana kesiapan kamu untuk membuat toko online lengkap dengan sistem pemasaran produknya.

Sumber Artikel

https://www.mastertokoonline.com/apa-saja-yang-harus-disiapkan-untuk-memulai-bisnis-online/

https://www.medcom.id/ekonomi/mikro/ObzdBA7K-selain-modal-ini-yang-harus-disiapkan-untuk-memulai-bisnis-online

https://idcloudhost.com/cara-membuat-website-untuk-pemula-dan-bisnis-online-umkm-di-indonesia/

https://www.dewaweb.com/blog/begini-cara-bisnis-online-dimulai/

https://www.hostinger.co.id/tutorial/buat-toko-online/