membuat website
7 Tempat Terbaik untuk Belajar Membuat Website Dengan WordPress

Selamat datang di artikel kami tentang rekomendasi 5 tempat belajar membuat website dengan WordPress. Apakah kamu tahu bahwa WordPress merupakan platform pembuatan website yang paling banyak digunakan di dunia? Memang, apakah kamu pernah menginginkan memiliki website sendiri namun merasa kebingungan bagaimana cara memulainya? Atau pernahkah kamu merasa terjebak dalam tutorial-tutorial online yang rumit dan membingungkan? Jangan khawatir lagi! Di artikel ini, kami akan merekomendasikan lima tempat belajar WordPress terbaik untuk kamu, baik untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman. 

Kami mengerti bahwa setiap individu memiliki cara belajar yang berbeda. Ada yang lebih suka belajar secara langsung dengan tatap muka, ada yang lebih senang mengikuti kursus online, dan ada juga yang lebih suka belajar sendiri dengan ebook atau video tutorial. Oleh karena itu, daftar tempat belajar yang kami rekomendasikan ini akan mencakup berbagai format belajar, mulai dari kursus online, workshop, hingga buku panduan. Yuk, coba kita lihat apa saja tempat belajar tersebut.

Tempat Terbaik untuk Belajar Membuat Website Dengan WordPress

Mencari tempat belajar membuat website dengan Wordpress? Jangan khawatir! Kita telah merangkum 5 tempat terbaik yang bisa Anda kunjungi untuk mempelajari hal tersebut. Mari kita langsung saja ke daftar tersebut, ya! 

WPBeginner

WPBeginner adalah platform online yang berisi panduan lengkap tentang penggunaan Wordpress. Mulai dari pengenalan dasar, menginstal Theme, hingga SEO website, semuanya bisa Anda temukan di sini. Situs ini dibuat oleh Syed Balkhi pada 2009 dan telah mendapatkan respons positif karena format pembelajaran yang mudah dipahami. 

Udemy

Tak hanya programing dan desain, Udemy memiliki banyak kursus tentang pembuatan website menggunakan Wordpress. Salah satu yang paling populer adalah “WordPress for Beginners – Master WordPress Quickly”, yang mendalam, step-by-step dan ditulis dalam bahasa awam. Siapa pun bisa memulainya, tidak peduli apakah Anda pemula atau pengembang web berpengalaman. 

membuat website

LinkedIn Learning (Lynda.com)

Kini dikendalikan oleh LinkedIn, platform ini memuat berbagai kursus tentang Wordpress. Salah satunya adalah kursus oleh Morten Rand-Hendriksen, seorang pengajar yang sudah sangat dikenal dalam industri Wordpress. Kursus tersebut memuat berbagai topik mulai dari pengenalan Wordpress, pembuatan theme, hingga cara membuat website multibahasa. 

Coursera

Coursera, platform pembelajaran online terkemuka lainnya, juga menawarkan beberapa kursus Wordpress yang patut diperhatikan. Salah satunya adalah ‘Web Design for Everybody: Basics of Web Development & Coding’ yang diselenggarakan oleh University of Michigan. Kursus ini menjelaskan dasar-dasar HTML, CSS, dan JavaScript serta cara mengintegrasikannya dengan Wordpress. 

YouTube

Jangan remehkan kekuatan belajar dari YouTube. Ada banyak kreator konten yang membagikan tutorial pembuatan website menggunakan Wordpress secara gratis, seperti WPBeginner, WPCrafter, dan Tyler Moore. Konten mereka ramah untuk pemula dan mudah dipahami. Jadi, Anda bisa belajar kapan saja dan dari mana saja! 

Itulah lima tempat terbaik untuk belajar membuat website dengan Wordpress. Ada banyak pilihan, dan semuanya memiliki metode pembelajaran yang berbeda. Mana yang paling sesuai dengan gaya belajar Anda? Mari mulai belajar dan bikin website sendiri!

Workshop WordPress Secara Offline 

Jika Anda lebih suka belajar dengan metode tatap muka secara langsung, pertimbangkan untuk mengikuti workshop WordPress secara offline. Workshop ini biasanya diselenggarakan oleh komunitas-komunitas pengguna WordPress di berbagai kota. Dengan metode belajar interaktif, Anda tidak hanya memahami materi, tetapi juga bisa bertukar pikiran dan pengalaman dengan sesama peserta lainnya. 

Buku Panduan WordPress 

Terkadang, belajar melalui buku bisa menjadi cara efektif untuk memahami WordPress. Ada berbagai buku panduan WordPress yang bisa Anda beli secara online maupun di toko buku, mulai dari buku panduan untuk pemula hingga buku yang membahas topik-topik lebih lanjut tentang WordPress. Buku-buku ini biasa dilengkapi dengan ilustrasi dan langkah-langkah detail yang akan memudahkan Anda dalam proses belajar. 

Itulah lima tempat yang bisa menjadi referensi Anda untuk belajar membuat website dengan WordPress. Setiap tempat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi pastikan Anda memilih yang terbaik sesuai dengan gaya belajar Anda. Selamat belajar!

Read More : Panduan Memahami dan Menerapkan Schema Markup di Wordpress

Related Articles

Dalam era digital yang terus berkembang, sebuah website bukan lagi sekadar menjadi alat untuk mencari informasi. Website juga telah menjadi..
Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang membuat iklan di website Anda efektif? Atau, bagaimana cara memastikan iklan tersebut memiliki kualitas tinggi..
Apakah Anda memiliki situs web berbasis WordPress dan ingin meningkatkan peringkat SEO Anda? Jika iya, Anda berada di tempat yang..
Mengapa mobile friendly ?  Karena Dibandingkan dengan akses melalui komputer, orang-orang lebih banyak mengakses internet melalui perangkat berjalan seperti smartphone..
Pengalaman pengguna (user experience/UX) adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi kesuksesan sebuah situs web. Bagaimana pengunjung berinteraksi dengan tata..