cara bisnis online

5+ Cara Bisnis Online Makanan Untuk Pemula

Fakta menunjukkan bahwa hingga saat ini daya konsumtif masyarakat Indonesia terhadap makanan masih cenderung tinggi. Makanya bisnis makanan masih jadi salah satu yang memberi prospek untung besar, apalagi jika dilakukan dengan cara bisnis online yang tepat. 

Tahun 2019 lalu tercatat pertumbuhan bisnis makanan mencapai 9 persen lebih, ditargetkan tahun 2020 pertumbuhan bisa meningkat. Jenis makanan yang jadi produknya juga sangat variatif mulai dari makanan ringan hingga makanan utama.

5 Cara Bisnis Online  Makanan

Buat kamu yang ingin mencoba peruntungan dengan memulai usaha makanan, perlu persiapan yang sangat matang. Kamu bisa memanfaatkan enam cara bisnis online untuk pemula berikut sebagai langkah tepat agar bisa bertahan dan sukses untuk jangka panjang.

  1. Pilih Produk yang Tepat

Punya produk andalan yang biasa kamu buat untuk keluarga? Bisa jadi salah satu alternatif produk untuk dijual karena kamu sudah terbiasa membuat dan paham resepnya.

Buat yang mau mencoba produk baru, sebaiknya lakukan survei keinginan pasar terlebih dahulu. Caranya dengan cek media sosial, makanan apa yang sedang viral dan banyak diminati. Kemudian makanan apa yang bertahan dijual pebisnis untuk waktu lama.

  1. Pelayanan Menyenangkan

Saat sudah mulai berbisnis, kamu harus memastikan pelayanan terbaik diberikan kepada konsumen. Apalagi sistem online harus benar-benar fast response sebab sainganmu sangat banyak. 

Dari sejumlah survei dibuktikan bahwa dari 10 pebisnis yang punya jenis makanan jualan online sama, 7 diantaranya bisa bertahan karena mampu melayani konsumen dengan baik.

  1. Transaksi Pembayaran Lengkap

Jika kamu memiliki toko nolnie sendiri, pastikan menyediakan sistem transaksi yang lengkap. Ini akan sangat memudahkan konsumen dalam kondisi apapun. Mulai dari transfer ATM, e-banking, hingga menggunakan e-wallet yang legal dan sudah terbukti aman.

Jika sulit, kamu bisa memilih join dengan aplikasi pembelian makanan yang ada di daerahmu. Biasanya transaksi yang tersedia juga sudah sangat familiar oleh masyarakat. 

  1. Promosi Online

Sama halnya dengan cara bisnis online baju Lakukan promosi dengan melibatkan semua media sosialmu. Ini akan menjadi langkah untuk mempercepat produk dikenal oleh masyarakat. Sehingga mereka tertarik dan segera beli.

  1. Selalu Ada yang Baru

Kalau kamu memang suka kuliner, pasti akan selalu mencoba untuk membuat menu-menu baru yang layak jual. Cara ini sangat penting untuk menjaga eksistensi usaha kuliner, jadi saat satu produk tidak terlalu laku dijual masih ada produk lain yang siap jadi primadona.

Selalu Aktif di Media Sosial Dan Acara Kuliner

Selain melakukan empat cara bisnis online makanan di atas, kamu juga perlu untuk memastikan eksistensi di media sosial. Lakukan upload produk secara rutin, walaupun produk sama tapi caption dibedakan, untuk menarik konsumen. 

Kamu juga harus memastikan interaksi dengan konsumen melalui testimoni yang mereka berikan. Dengan begitu, orang semakin yakin untuk mencoba belanaj di toko online kamu.

Jangan lupa untuk aktif juga di perhelatan kuliner bisnis kecil, yang sering diselenggarakan pemerintah daerah. Dengan begitu, produk kamu akan lebih dikenal masyarakat sebab tak semua orang menggunakan media sosial untuk semua aktivitasnya.

Kamu bisa mendaftar untuk membuka stand pada acara tersebut, berikan promo menarik agar orang berminat membeli. Lakukan promosi dengan cara unik, agar mudah diingat dan disebarkan secara offline.

Semoga informasi di atas bermanfaat, terutama buat kamu yang memang mau merintis usaha kuliner. Dengan menggunakan cara bisnis on line makanan tersebut, bisa jadi solusi masalah keuangan yang membeli. Asalkan dilakukan dengan fokus, teliti, dan pantang menyerah.

Sumber:

  1. https://bisnisukm.com/bisnis-kuliner-online-makin-laris-manis-dengan-10-trik-ini.html
  2. https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/bisnis-makanan-online/
  3. https://bisnis.tempo.co/read/1197530/menperin-2019-industri-makanan-minuman-bakal-tumbuh-9-persen