hashtag di tiktok
Cara Mudah Menggunakan Hashtag di TikTok biar FYP

Sudahkah Anda bertanya-tanya bagaimana bisa menggunakan hashtag di TikTok untuk masuk ke dalam For You Page (FYP)? Selamat datang di dunia TikTok, di mana konten kreatif menarik perhatian jutaan orang setiap hari. Kalau ya, Anda berada di tempat yang tepat. Di artikel ini, kita akan memandu Anda tentang cara mengoptimalkan penggunaan hashtag pada TikTok. 

Mungkin Anda bertanya, “Kenapa hashtag di tiktok itu penting?” Bahkan jika Anda baru pada TikTok, Anda mungkin sudah melihat bahwa mayoritas video yang populer memiliki serangkaian hashtag yang diasosiasikan dengannya. Singkatnya, menggunakan hashtag di tiktok yang tepat dan relevan dapat semakin memperluas penjangkauan dan visibilitas video Anda di TikTok. 

“Hashtag sebenarnya adalah alat yang ampuh dalam membuat konten Anda ditemukan oleh pengguna TikTok yang lebih luas dan berpotensi meningkatkan pertumbuhan Anda di platform ini.”

Di bawah ini adalah garis besar dari apa yang akan kita bahas: 

  • Pengertian tentang hashtag dan kegunaannya di TikTok
  • Bagaimana cara memilih hashtag di tiktok yang tepat untuk video Anda
  • Cara terbaik untuk menggunakan hashtag agar video Anda muncul di For You Page (FYP)

Siap untuk mempelajari lebih jauh? Mari kita mulai.

Mengapa Hashtag Penting di TikTok

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa hashtag di TikTok begitu penting? Faktanya, hashtag di tiktok berfungsi sebagai jurus pintar untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan video Anda. Tapi bagaimana itu bekerja? 

Algoritma TikTok sangat bergantung pada hashtags untuk mengkategorikan dan mendistribusikan konten kepada pemirsa yang tepat. Dengan menggunakan hashtags yang sesuai, Anda memberi tahu algoritma lebih lanjut tentang tema video Anda. Sebagai hasilnya, video Anda akan muncul di For You Page (FYP) pengguna yang berminat pada topik tersebut. 

Tanpa hashtags, video Anda hanya bergantung pada followers Anda dan rasio di antara likes, shares, dan comments. Namun, dengan penambahan hashtags yang tepat, Anda dapat meraih audiens yang lebih luas yang mungkin belum mengikuti Anda. 

#FYP dan #ForYou 

Selain hashtags topik, ada dua hashtags yang harus selalu Anda pertimbangkan yaitu #FYP dan #ForYou. Hashtags ini adalah pusat dari TikTok, berfungsi untuk membantu mendorong video ke FYP pengguna, meraih jangkauan yang lebih luas dari hanya followers Anda. 

Hashtags adalah senjata rahasia untuk mendorong pertumbuhan di TikTok, dan membantu Anda menavigasi melalui algoritma yang kadang-kadang dapat rumit. Mengetahui bagaimana dan kapan menggunakan hashtags akan memberi Anda keuntungan dalam menjadikan video Anda viral. Lalu, bagaimana cara memilih hashtags yang tepat? Kita akan membahasnya pada bagian selanjutnya.

Memilih Hashtags yang Tepat untuk Konten Anda

Satu hal yang harus kita pahami adalah, setiap postingan di TikTok memiliki potensi untuk menjadi viral. Namun, tanpa penggunaan hashtags yang tepat, kemungkinan konten kamu untuk ditemukan oleh audiens luas akan jauh berkurang. Jadi pertanyaannya sekarang adalah: bagaimana memilih hashtags yang tepat untuk konten kamu di TikTok? Yuk kita cari tahu jawabannya bersama. 

Pertama, kita perlu memahami bahwa memilih hashtag itu jauh lebih dari sekedar menggunakan kata-kata populer atau tren. Itu tentang mencocokkan hashtag dengan konten yang kamu buat. Bukan semata-mata hasil yang instan, tapi ini strategi jangka panjang yang akan membuat konten kamu tetap relevan dan ditemukan dalam jangka waktu yang lebih lama. 

  • Pahami Kontenmu: Sebelum memilih hashtag, kamu harus tahu apa yang membuat kontenmu unik. Apakah itu lucu, inspiratif, pendidikan, atau menghibur? Setelah mengetahui fokus kontenmu, akan lebih mudah untuk memilih hashtag yang relevan.
  • Pelajari Tren Hashtag: TikTok adalah platform yang sangat berorientasi pada tren. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui hashtag tren yang relevan untuk kontenmu. Kamu bisa menemukan informasi ini di halaman ‘Discover’ TikTok. Cari tahu apa yang populer, dan tambahkan hashtags yang relevan ke kontenmu.
  • Cari Niche: Tidak semua hashtag populer harus digunakan. Kamu juga harus mencari hashtag niche yang tepat yang dikaitkan dengan kontenmu. Hashtags niche biasanya tidak memiliki persaingan sebanyak hashtag populer, dan karenanya, bisa membantu kontenmu menjangkau audiens yang lebih spesifik dan terfokus.

Ingatlah bahwa memasukkan sejumlah besar hashtags tidak selalu lebih baik. TikTok membatasi jumlah hashtag yang dapat kamu gunakan dalam satu postingan, jadi manfaatkan dengan baik. Pilih hashtag yang paling relevan dan fokuskan pada kualitas, bukan kuantitas.

Cara Menggunakan Hashtag di TikTok 

Hashtags di TikTok tidak hanya membuat konten Anda lebih mudah ditemukan, tetapi juga dapat meningkatkan jangkauan dan visibilitas Anda. Lantas, bagaimana cara menggunakannya dengan efektif? Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti: 

  1. Memilih Hashtags yang Tepat Hashtag yang Anda gunakan harus relevan dengan konten yang Anda buat. Misalnya, jika Anda sedang membuat video menari, gunakan hashtag seperti #dancechallenge atau #TikTokDance. Jadi, bagaimana kita bisa mengetahui hashtag apa yang relevan? Coba lihat video populer yang memiliki konten serupa dan perhatikan hashtag yang mereka gunakan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk hashtag Anda sendiri.
  2. Menggunakan Hashtags yang Popular Selain relevan, penting juga untuk menggunakan hashtag yang populer. Hashtag populer biasanya akan menerima lebih banyak tampilan, yang artinya lebih banyak orang bisa melihat konten Anda. Tetapi, Anda juga harus berhati-hati. Jika hashtag terlalu populer, konten Anda mungkin akan tenggelam oleh banyaknya konten lain. Jadi, penting untuk mencari keseimbangan.
  3. Menggabungkan Hashtags Spesifik dan Umum Sebaiknya gabungkan hashtag yang spesifik dengan yang umum. Hashtag yang spesifik dapat membantu Anda menargetkan audiens yang lebih spesifik, sementara hashtag yang umum dapat membantu meningkatkan jangkauan konten Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan #TikTokDance (umum) dan #HipHopChallenge (spesifik) dalam video tarian Anda.

Dalam dunia TikTok, perlunya mengetahui hashtag yang sedang trending tidak bisa diabaikan. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan hashtag yang sedang tren, konten Anda memiliki peluang lebih besar untuk dilihat oleh jutaan pengguna TikTok lainnya. Simak cara berikut ini untuk mengoptimalkan pemakaian hashtag trending, ya! 

1. Pantau Hashtags yang Sedang Tren 

Anda bisa dengan mudah menemukan trending hashtags di halaman ‘Discover’ TikTok. Lokasi ini adalah pusat trend TikTok di mana Anda akan menemukan berbagai konten viral dan hashtag populer terkait. Jangan lupa mencermati bagaimana mereka menggunakan hashtag, ya! 

2. Gabungkan Hashtag di Tiktok Umum dan Spesifik 

Ketika menggunakan hashtag trending, hindari untuk hanya mengandalkan hashtag viral saja. Di sinilah keolehan Anda dalam menggabungkan hashtag umum dan spesifik menjadi penting. Gabungkan hashtag trending dengan hashtag yang spesifik untuk konten Anda. Hashtag specific akan membantu merangkai cerita yang lebih personal dan unik, mempertegas konten Anda di antara lautan hashtag trending. 

3. Konten Sama, Jangan Hashtag-nya 

Satu hal yang perlu diingat adalah sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan hashtag yang sama. Walaupun memang hashtag itu sedang trending, tapi jika terus-terusan hanya memakai hashtag itu, konten Anda bisa jadi dianggap spam oleh TikTok. Maka, variasikan penggunaan hashtag pada setiap konten yang Anda buat. 

Akhirnya, bermain dengan hashtag trending di TikTok memang memerlukan sedikit eksperimen dan kreativitas. Selamat mencoba, semoga konten Anda semakin laris manis di FYP!

Related Articles

YouTube semakin menarik perhatian banyak orang untuk ikut mengambil bagian. Namun, tidak sedikit yang merasa kesal karena jumlah viewer-nya tidak..
Sudah tahu kan kalau Facebook punya fitur berjualan online layaknya aplikasi marketplace? Lalu, bagaimanakah caranya agar sukses berjualan di marketplace..
Halo semuanya, pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mendapatkan like instagram terbaru di 2019. Caranya sangat mudah..
Halo semua, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara menjadi top komentar di instagram. Tutorial ini banyak banget dicari..
Selamat datang, pembaca yang budiman! Apakah Anda baru memulai perjalanan Anda dalam dunia iklan digital atau mungkin Anda sudah berpengalaman..