Inovasi Bisnis Online Terbaru yang Menginspirasi

bisnis online terbaru

Ada banyak ide bisnis terbaru yang bermunculan dalam dua hingga tiga tahun belakangan. Hal itu mungkin membuat Anda sulit untuk mencari tahu mana yang paling layak untuk dicoba. Sebab yang diinginkan kebanyakan orang adalah membuat bisnis yang tidak hanya menguntungkan hari ini, tetapi juga bagus untuk jangka panjang.

 

Ide Bisnis Online Terbaru yang Cocok untuk Millenial

Yang perlu diingat adalah suatu bisnis yang sedang menjadi tren kadang-kadang bisa berisiko juga. Nah, dengan berbagai pertimbangan, di bawah ini adalah beberapa referensi bisnis yang akan membantu Anda menghasilkan uang.

1. Asisten Online

Apakah Anda orang yang terorganisir dan dapat melakukan banyak tugas sekaligus? Kemungkinannya adalah di luar sana ada orang yang sedang mencari asisten online dengan keahlian tersebut. Tidak jarang, mereka bersedia membayar cukup mahal untuk seorang asisten.

Coba cari lowongan pekerjaan ini di situs-situs seperti penyedia informasi lowongan pekerjaan atau platform untuk freelancer. Selanjutnya, sebagai asisten virtual online, Anda dapat memiliki jadwal yang fleksibel dan tidak terikat dengan apa pun.

2. Desainer UI/UX

Bisnis online terbaru yang juga cukup banyak dicari adalah spesialis UI/UX alias User Interface. Pengalaman interaksi dengan pelanggan dalam situs web atau aplikasi biasanya berdasar pada seberapa menyenangkan atau mudahnya mereka dalam mengaksesnya.

Desainer UI/UX dapat benar-benar membangun wajah perusahaan atau merek. Tak heran, jika pekerjaan ini sering dibayar dalam angka yang besar. Akan tetapi, sebaiknya Anda harus punya pengalaman atau portofolio yang mumpuni dulu untuk memainkan peranan besar ini.

3. Mengembangkan Aplikasi

Di Google Play Store, saat ini terdapat kurang lebih 3,8 juta aplikasi yang bisa diunduh. Sementara di App Store ada sekitar 2 juta aplikasi dan semuanya itu akan terus bertambah dari hari ke hari. Di sini Anda dapat melihat beberapa kriteria, yaitu ada aplikasi yang sangat berguna sementara yang lain tidak terlalu berguna.

Membuat aplikasi dan meluncurkannya adalah proses yang panjang. Kabar baiknya, sekarang banyak platform yang menyediakan fitur pembuatan aplikasi secara lebih cepat. Bahkan cocok bagi Anda yang kurang paham dengan pengkodean. Akan tetapi, kuncinya ada pada ide atau kreativitas Anda masing-masing.

4. Jurnalis Online

Tanpa mengecilkan pekerjaan seorang jurnalis yang begitu luar biasa di lapangan, tetapi saat ini banyak situs-situs web yang merekrut jurnalis online. Bahkan tidak jarang satu artikel dibayar dengan harga yang cukup lumayan.

Jadi apabila Anda memiliki kemampuan di bidang komunikasi atau jurnalisme, Anda dapat mencoba dunia jurnalisme online. Bangun portofolio Anda dengan situs-situs ternama atau buatlah media Anda sendiri seperti blog, saluran YouTube atau media sosial.

5. Podcast

Siapa bilang podcast ‘tidak ada uangnya’. Di Indonesia, setidaknya dalam tiga tahun terakhir sudah banyak podcast yang berhasil tumbuh dan menarik banyak sponsor untuk masuk. Nah, bagi yang belum familier, ini adalah pekerjaan semacam penyiar radio, tetapi rekamannya bisa didengar secara on demand di berbagai platform.

Yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis online ini adalah mencari topik yang tepat, punya pengetahuan tentang topik tersebut dan tentunya punya kemampuan berbicara yang bagus. Mulailah dengan membangun basis audiensi dan konsisten membuat podcast. Lama kelamaan, sponsor pasti akan menempel dengan sendirinya.

Penutup

Berminat untuk menjalani salah satu ide bisnis online terbaru di atas? Jika iya, yang perlu Anda lakukan adalah mencobanya sesegera mungkin dan konsisten dalam menjalankannya. Dengan begitu, ke depannya Anda tidak lagi melulu harus mengejar uang, melainkan sebaliknya. Semoga bermanfaat.