Sebagai platform yang tengah naik daun, TikTok tentu saja terlihat menggiurkan dari segi bisnis. Tidak mengherankan jika beberapa orang atau perusahaan menjadikan TikTok sebagai salah satu wadah promosi.
Namun tentu saja, sebagai media promosi, TikTok memiliki plus dan minusnya sendiri. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan TikTok untuk promosi!
Baca juga: Tips Videomu Selalu FYP di Tiktok
Kelebihan TikTok untuk promosi
Berikut adalah kelebihan TikTok untuk bisnis!
- Memiliki pengguna yang banyak
Faktanya, TikTok merupakan salah satu media yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Hingga saat ini, tercatat lebih dari 8,5% pengguna TikTok berasal dari Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna TikTok terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat.
- Populer di kalangan Gen Y dan Gen Z
Jika target pasarmu anak muda, maka TikTok sangat cocok untuk kamu jadikan media promosi produk atau jasa yang kamu tawarkan. Faktanya, sebagian besar pengguna TikTok merupakan remaja dan anak muda dengan rentang usia 14-24 tahun. Tidak heran jika banyak produk dan jasa kekinian kebanjiran orderan setelah melakukan promosi di TikTok.
- Anti ribet
Pada dasarnya, TikTok itu memang anti ribet. Fitur-fiturnya sangat mudah untuk kamu akses. Dari mulai fitur-fitur untuk mengedit video, hingga fitur tagar yang bisa memudahkan video kamu untuk ditemukan oleh orang lain. Selain itu, TikTok juga memungkinkanmu untuk menggelar live streaming. Menarik untuk keperluan promosi, bukan?
Kekurangan TikTok untuk promosi
Sayangnya, TikTok juga memiliki beberapa kekurangan untuk promosi. Berikut adalah kekurangan TikTok untuk bisnis!
- Kurang populer di kalangan orang dewasa
Berbanding terbalik dengan target pasar remaja, kamu perlu berpikir dua kali untuk promosi di TikTok jika target pasarmu orang dewasa. Pasalnya, TikTok memang sedikit kurang populer di kalangan usia lebih dari 24 tahun.
- Tidak bisa menautkan link
Sayangnya kamu belum bisa menautkan link di video TikTok. Maka dari itu, untuk saat ini TikTok hanya efisien sebagai pengenalan brand saja. Kamu tidak bisa membuktikan secara langsung seberapa banyak produk yang terjual karena promosi di TikTok.
- Memerlukan pencatatan manual
Hingga saat ini, data analisis di TikTok sulit untuk kamu lacak. Biasanya, data hanya tersedia selama 28 hari. Maka dari itu, kamu perlu mencatatnya lagi secara manual agar data tidak hilang.Itulah kelebihan dan kekurangan TikTok untuk promosi. Semoga membantu!