tiktok untuk promosi
3 Kelebihan dan kekurangan TikTok untuk promosi

Sebagai platform yang tengah naik daun, TikTok tentu saja terlihat menggiurkan dari segi bisnis. Tidak mengherankan jika beberapa orang atau perusahaan menjadikan TikTok sebagai salah satu wadah promosi.

Namun tentu saja, sebagai media promosi, TikTok memiliki plus dan minusnya sendiri. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan TikTok untuk promosi!

Baca juga: Tips Videomu Selalu FYP di Tiktok

Kelebihan TikTok untuk promosi

Berikut adalah kelebihan TikTok untuk bisnis!

  1. Memiliki pengguna yang banyak

Faktanya, TikTok merupakan salah satu media yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Hingga saat ini, tercatat lebih dari 8,5% pengguna TikTok berasal dari Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna TikTok terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

  1. Populer di kalangan Gen Y dan Gen Z

Jika target pasarmu anak muda, maka TikTok sangat cocok untuk kamu jadikan media promosi produk atau jasa yang kamu tawarkan. Faktanya, sebagian besar pengguna TikTok merupakan remaja dan anak muda dengan rentang usia 14-24 tahun. Tidak heran jika banyak produk dan jasa kekinian kebanjiran orderan setelah melakukan promosi di TikTok.

  1. Anti ribet

Pada dasarnya, TikTok itu memang anti ribet. Fitur-fiturnya sangat mudah untuk kamu akses. Dari mulai fitur-fitur untuk mengedit video, hingga fitur tagar yang bisa memudahkan video kamu untuk ditemukan oleh orang lain. Selain itu, TikTok juga memungkinkanmu untuk menggelar live streaming. Menarik untuk keperluan promosi, bukan?

Kekurangan TikTok untuk promosi

Sayangnya, TikTok juga memiliki beberapa kekurangan untuk promosi. Berikut adalah kekurangan TikTok untuk bisnis!

  1. Kurang populer di kalangan orang dewasa

Berbanding terbalik dengan target pasar remaja, kamu perlu berpikir dua kali untuk promosi di TikTok jika target pasarmu orang dewasa. Pasalnya, TikTok memang sedikit kurang populer di kalangan usia lebih dari 24 tahun.

  1. Tidak bisa menautkan link

Sayangnya kamu belum bisa menautkan link di video TikTok. Maka dari itu, untuk saat ini TikTok hanya efisien sebagai pengenalan brand saja. Kamu tidak bisa membuktikan secara langsung seberapa banyak produk yang terjual karena promosi di TikTok.

  1. Memerlukan pencatatan manual

Hingga saat ini, data analisis di TikTok sulit untuk kamu lacak. Biasanya, data hanya tersedia selama 28 hari. Maka dari itu, kamu perlu mencatatnya lagi secara manual agar data tidak hilang.Itulah kelebihan dan kekurangan TikTok untuk promosi. Semoga membantu!

Related Articles

Aplikasi TikTok kian meledak dan punya jutaan pengguna. Apabila kamu pemula, mungkin akan bertanya-tanya bagaimana agar konten kamu banjir follower...
Selamat datang di tutorial ini. Anda mungkin pernah bertanya-tanya bagaimana cara membuat kampanye iklan yang efektif di Instagram, bukan? Nah,..
Selamat datang di artikel yang akan membuka wawasan Anda tentang bagaimana bisa menambah followers Instagram dengan cara yang cepat namun..
Selamat datang di panduan kami yang akan membantu Anda untuk meningkatkan interaksi pengguna di media sosial. Pembaca yang terhormat, skill..
Selamat datang di dunia TikTok! Kamu baru bergabung atau sudah lama berada di sana tetapi masih merasa konten TikTok mu..