Begini Cara Mencegah Akun Instagram Agar Tidak Dibanned atau Dibatasi

cara mencegah akun instagram agar tidak dibanned

Satu-satunya cara mencegah akun Instagram agar tidak dibanned adalah dengan menggunakannya secara bijak. Artinya, gunakan Instagram sewajarnya saja seperti media sosial pada umumnya. Bukan untuk tujuan spam atau bahkan tindakan kriminal.

 

Penyebab Akun Instagram Dibanned atau Dibatasi

Mungkin suatu hari Anda terkejut ketika tiba-tiba akun Instagram Anda dalam kondisi logout dan tidak bisa login lagi. Bisa jadi ini adalah banned sepihak dari pihak Instagram. Apabila terjadi demikian, maka coba ingat-ingat hal apa yang terakhir kali sempat Anda lakukan.

Jangan hanya menyalahkan pihak developer jika Anda ternyata tidak paham bagaimana cara mencegah akun Instagram agar tidak dibanned. Sebab, sebenarnya salah satu penyebab utama yang paling terjadi adalah karena Anda tidak bisa mengontrol nafsu.

Ya, Instagram sangat tidak menyukai aktivitas secara masif yang dilakukan dalam waktu singkat. Tindakan seperti ini akan dianggap sebagai spam. 

Mungkin sebelumnya Anda mengunggah terlalu banyak foto, mengikuti ribuan orang secara serentak, menyukai terlalu banyak foto dalam waktu singkat, dll. Aktivitas semacam itu adalah ilegal di Instagram, apalagi bagi akun Instagram baru. 

Selain itu Anda juga tidak disarankan sering melakukan login Instagram di berbagai perangkat yang berbeda. Misal Anda punya 5 smartphone, 1 laptop dan 1 komputer. Maka sebaiknya jangan login dengan akun Instagram yang sama di semua perangkat tersebut untuk menghindari banned.

 

Cara Menghindari Banned dari Instagram

1. Memasang foto profil yang jelas

Apakah foto profil memengaruhi keputusan Instagram untuk memberikan ban kepada sebuah akun? Bisa jadi, iya. Instagram bisa saja menonaktifkan akun yang tidak memiliki foto profil. 

Kemungkinan lain adalah karena ada orang yang melaporkan bahwa akun Anda menggunakan foto profil yang melanggar kebijakan komunitas. Misalnya Anda mengambil foto profil seseorang untuk kepentingan pribadi seperti membuat akun palsu. 

2. Melengkapi informasi profil

Selain nama, username dan bio, sebenarnya ada beberapa informasi lain yang perlu Anda lengkapi. Terutama informasi kontak seperti nomor telepon dan alamat email. Pastikan juga keduanya telah terverifikasi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terhadap akun Anda.

Khusus untuk email, disarankan agar Anda tidak menggunakan temporary email. Gunakan email dari provider yang terpercaya seperti Google, Yahoo, Outlook, atau Yandex.

Instagram bisa mendeteksi akun Anda sebagai akun nonaktif apabila kolom data dirinya kosong dan informasi kontaknya tidak terverifkasi.

3. Tidak melakukan spam terhadap akun lain

Ini sepertinya menjadi kebiasaan buruk beberapa online shop atau orang-orang yang ingin mencari perhatian terhadap keberadaan mereka. Biasanya sebuah akun akan melakukan spam like di banyak foto sekaligus, memberi komentar-komentar yang sama di banyak postingan, dan follow ratusan orang per hari.

Ini cukup bahaya bagi akun Anda, terlebih jika itu adalah akun baru. Ada dua kemungkinan, yaitu Anda mendapat peringatan pembatasan dari Instagram atau dibanned langsung. Pembatasan di sini maksudnya adalah Anda tidak bisa melakukan like, komentar atau follow untuk sementara waktu.

Bisa dibilang ini adalah penyebab paling rawan yang harus Anda hindari. Untuk melakukan ketiga hal tersebut, sebaiknya lakukan dengan interval yang wajar. 

4. Pahami batasan penggunaan Instagram

Cara mencegah akun instagram agar tidak dibanned adalah dengan memahami batasan penggunaan yang berlaku. Nah, Instagram sendiri sebenarnya memiliki batas yang masih dianggap wajar, walaupun tidak tertulis dalam  peraturan.

Dalam satu jam, ada beberapa batasan yang harus Anda pahami, yaitu: 

  • maksimal follow 60 orang,
  • maksimal unfollow 60 orang,
  • maksimal like 300 kali,
  • maksimal komentar 10 kali.

Sebagai catatan, angka di atas bukan resmi dari Instagram, melainkan hasil survei dari beberapa pihak. Namun apabila Anda berkali-kali melebihi batasan di atas, maka angan salahkan developer kalau tiba-tiba akun Anda dibatasi atau langsung dibanned.

5. Penggunaan tools pihak ketiga

Belakangan ini, Instagram tampaknya semakin memperketat peraturan mereka tentang penggunaan tools pihak ketiga. Itu dia alasan mengapa bisnis ‘tambah follower’ instan jadi semakin sulit dan mahal. Sebab, sudah sering terjadi sebuah akun terkena banned karena penggunaan tools pihak ketiga secara berlebihan.

BACA JUGA : Cara Memperbanyak Followers Instagram Gratis Indonesia 100%

Sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan tools untuk mempermudah aktivitas Anda, apalagi untuk kepentingan bisnis. Akan tetapi, pastikan penggunaannya masih dalam batas wajar.  

6. Berhati-hati di satu minggu pertama

Bagi Anda yang membuat akun Instagram baru terutama untuk keperluan bisnis, berhati-hatilah dalam berinteraksi di satu minggu pertama. Selama satu minggu itu jangan lakukan hal-hal yang di atas wajar karena akun Anda masih rawan banned.

Jangan membuat postingan lebih dari 100 pada seminggu pertama atau Anda bisa terdeteksi sebagai akun spam. Begitu juga dengan aktivitas seperti follow, like dan komentar. Sebaiknya lakukan interaksi dengan following dan follower Anda secara normal.

 

Kesimpulan

Dari kebanyakan kasus akun yang dibatasi atau terkena banned Instagram, penyebabnya adalah karena terlalu bernafsu. Ingat bahwa Instagram sangat ingin menjaga kenyamanan semua penggunanya. 

Jadi ketika ada akun yang dianggap mengganggu kenyamanan, dengan melakukan spam misalnya, mereka akan memberi tindak tegas. Apabila Anda ingin mengoptimasi akun yang masih baru, lakukan perlahan-lahan. 

Bahkan di tools optimasi Instagram pun selalu ada peringatan untuk berhati-hati agar tidak terkena banned. Beraktivitaslah sewajarnya atau Anda akan dipusingkan dengan proses mengklaim kembali akun yang terkena banned karena itu cukup rumit.

Demikian penjelasan tentang cara mencegah akun Instagram agar tidak dibanned. Mari gunakan media sosial secara bijak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *