Bisnis Database itu Apa dan Seberapa Menguntungkan?

Bisnis database itu apa? Seperti namanya, bisnis ini beroperasi dengan mengumpulkan database, meliputi nomor telepon, nomor WhatsApp, akun media sosial, alamat email, dan sejenisnya.

Jual database perusahaan ini bisa dimulai dengan mengumpulkannya dari produsen, supplier, maupun perusahaan tertentu. Setelah database ini Anda dapatkan, Anda bisa menjualnya kembali. Fungsi database ini tentu saja sebagai ajang promosi.

Cara Kerja Bisnis Database dan Cara Jual Database 2021

1. Modal 1x, Untung Berkali-kali.

Dengan membeli 1 bundle database, Anda bisa menjual berkali-kali. Misalnya Anda membeli 1 bundle database seharga Rp 400.000, maka Anda bisa menjualnya ke berbagai pihak.

2. Untuk Surveying atau Melakukan Survey terhadap Produk/ Jasa suatu Klien.

Disebut dengan customer database. Fungsinya agar mendapatkan feedback terhadap produk/ jasanya, perusahaan biasanya meminta Anda untuk mengadakan survey pada database yang Anda punya. Misalnya untuk mengukur kepuasan pelanggan, dan sebagainya.

3. Mudah dan Minim Biaya Operasional.

Anda tidak perlu menyewa ruangan kantor atau merekrut karyawan dalam menjalankan bisnis tersebut. Anda bisa menjalankannya di rumah dengan PC dan koneksi internet.

4. Jaga Validitas Database.

Menjaga validitas data berarti menjaga integritas bisnis Anda. Jika data yang Anda jual valid, maka klien akan semakin percaya dan kembali datang. Sebaliknya, klien akan kapok bertransaksi jika Anda tidak bisa dipercaya.

5. Mudah Melakukan Promosi.

Berbagai media sosial bisa Anda masuki untuk berpromosi. Tawarkan harga yang masuk akal dan database yang valid. Karena ini adalah bisnis jasa, maka kepercayaan harus dijaga dengan baik.

Baca juga:  Konsep Pemasaran Holistik dan Cara Cepat Mengaplikasikannya

Bisnis database bisa menjadi alternatif untuk mencari passive income. Tetaplah produktif walaupun di tengah pandemi. Untuk mendatangkan database, Anda bisa memperluas koneksi Anda.

Misalnya dengan membeli data dari marketing perumahan, marketing showroom, dan sejenisnya. Dan saat Anda sudah mendapatkan database baru, inventaris database tersebut agar rapi dan mudah dicari.Sudah paham bisnis database itu apa? Berani mulai bisnis database ini sekarang? Berani menjemput mimpi saat ini?