Saham Adalah Investasi Terbaik, Ini Penjelasannya

Saham adalah investasi paling menguntungkan di era teknologi seperti sekarang ini. Banyak sekali tools yang bisa anda gunakan untuk transaksi saham bahkan bagi individu. Peluang keuntungannya cukup besar, meski risikonya terbilang tinggi.

Karena itu, anda harus tahu secara mendasar bagaimana cara kerja pasar untuk mengambil benefit dan membuat risiko menjadi sangat kecil. Untuk itu, Anda harus tahu hal-hal dasar dari saham.

Penjelasan Tentang Saham

Saham adalah bukti yang kepemilikan oleh subjek baik perorangan atau badan usaha. Memiliki ini sama halnya Anda ikut andil dalam memiliki perusahaan tersebut.

Uang yang Anda gunakan untuk membeli saham, akan anda gunakan oleh perusahaan untuk menjalankan kegiatan produksinya.

Keuntungan maupun kerugian yang anda dapatkan oleh perusahaan tersebut juga akan Anda tanggung dari kepemilikan saham tersebut.

Keuntungan dan kerugian tersebut didapatkan dari harga yang bisa naik dan bisa turun kapan saja.

Adanya fluktuasi itulah yang biasanya menyebabkan seseorang bisa menerima kerugian dalam transaksi jual beli saham.

Ada Berapa Jenis Saham?

Ada banyak sekali jenis saham yang beredar di masyarakat. Dari banyaknya kriteria tersebut yang membedakan adalah berdasarkan kemampuannya dalam klaim dan kinerjanya.

Kelompok yang pertama berupa saham biasa dan ada juga dalam bentuk preferen. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Biasa

Jenis ini seperti yang Anda miliki, yang mana hak dan kewajiban Anda terbatas. Ketika rugi, maka Anda menanggungnya sesuai kepemilikan jenis tersebut. Begitu juga ketika mengalami kenaikan, Anda akan menerima keuntungan sesuai modal tersebut.

Baca juga:  7 Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace Facebook

2. Preferen

Berbeda dengan yang pada umumnya, jenis ini memiliki hak yang jauh lebih besar dan memiliki prioritas lebih besar. 

Hal tersebut ditunjukkan ketika terjadi suatu masalah, maka orang atau badan usaha yang memiliki saham ini bisa dapat bagian. Selain itu, Anda juga bisa mendapat pendapatan tetap dari kinerja perusahaan.

Selanjutnya adalah kelompok yang ditinjau dari kinerjanya. Apa saja bentuk dari jenis ini?

3. Blue Chip

Ciri-cirinya adalah jenis ini yang nilainya sangat stabil. Anda bisa mendapatkan jenis ini dari perusahaan yang kredibel, dan terus mencatatkan penghasilan luar biasa setiap tahunnya. Sehingga banyak orang yang memburu jenis ini.

Anda bisa baca mengenai saham blue chip disini: https://lifepal.co.id/media/saham-blue-chip-itu-apa-sih/

4. Income

Sesuai dengan namanya, surat berharga jenis ini bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Karena potensi dari dividennya sangat besar, bisa berkali-kali lipat. Namun, Anda juga harus berhati-hati, karena risikonya juga tidak kecil.

5. Growth

Kriteria dari jenis ini memiliki fluktuasi sangat besar, bahkan dalam hitungan hari. Dengan naik turunnya nilai tersebut, membuat potensi keuntungan sangat besar, begitu juga sebaliknya.

6. Speculative

Biasanya jenis dari saham ini paling banyak ditemukan dalam bursa efek. Penyebabnya peluang Anda mendapatkan dividennya cukup tinggi.

7. Cyclical

Keadaan perekonomian negara bisa mempengaruhi jenis ini. Hal inilah mengapa saham ini punya grafik yang cukup fluktuatif. Apa itu cyclical?

8. Emerging Growth

Jika Anda memiliki ini akan mampu bertahan dalam kondisi yang sulit sekalipun, bahkan berupa resesi. Sangat cocok sebagai investasi seperti pada kondisi sekarang ini.

9. Defensive

jenis ini juga tergolong sangat stabil, dan mampu bertahan meski kondisi perekonomian negara sedang tidak stabil.

Baca juga:  5 Cara Membuat Status Jualan di FB yang menarik

Karena perusahaan pemilik ini berkaitan dengan konsumsi masyarakat yang setiap harinya dibutuhkan. Nilainya juga semakin besar seiring daya beli masyarakat.

Peranan Saham dan Bagaimana Mendapatkan Keuntungan

Peranan yang dimiliki begitu penting untuk kinerja emiten atau perusahaan yang mengeluarkan surat berharga tersebut.

Seperti yang dijelaskan pada pengertiannya sebelumnya, bahwa keikutsertaan masyarakat dalam membeli saham akan meningkatkan modal usaha yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.

Nah, bagi para pemegang saham, baik individu maupun badan usaha juga bisa mendapatkan keuntungan dari keikutsertaannya. Caranya ada dua, yaitu dengan memanfaatkan kenaikan harga pada kurun waktu tertentu, jangka pendek dan jangka panjang.

Istilah dalam cara kerja bermain ini untuk jangka pendek dikatakan sebagai capital gain. Maksudnya, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari harga jual dengan harga beli. Ketika harga jual lebih besar, tentunya Anda akan mendapatkan keuntungan, tapi begitu juga dengan sebaliknya.

Sedangkan untuk investasi jangka panjang yaitu sebagai dividen. Dengan memanfaatkan cara ini Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

Selain harga yang pastinya punya selisih yang sangat jauh, Anda juga bisa mendapat penghasilan lainnya dari performa perusahaan tersebut.

Penjelasan mengenai ini harusnya memberikan pengertian bahwa saham adalah investasi yang paling menguntungkan.

Baik untuk jangka waktu panjang, maupun jangka pendek. Apalagi sekarang banyak aplikasi dalam smartphone yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi.

close

Don’t miss these tips!

We don’t spam!

Artikel Lainnya