Pengertian Big Data dan Manfaatnya untuk Bisnis

Sekarang ini setiap bisnis dan lembaga membutuhkan jaringan digital yang tersistem. Terutama bagi pengembang perangkat lunak yang pastinya memiliki skala proyek besar, sehingga membutuhkan Big Data. Pengertian Big Data sendiri merupakan sebuah sistem untuk mengelola, dan menyimpan data secara sistematis.

Semakin besar pengelolaan data dan jaringan, semakin besar pula kebutuhan sistem data tersebut. Sehingga membuat aktivitas pengelolaan digital semakin cepat dan efektif.

Nah, apa pengertian Big Data dan bagaimana fungsi Big Data tersebut untuk kebutuhan sebuah bisnis di masa yang akan datang?

Apa itu Big Data

Big data adalah berbagai kumpulan aktivitas digital yang berupa volume data skala besar, dan digunakan untuk kegiatan bisnis. Sebenarnya Big Data adalah database yang memiliki ukuran sangat besar.

Dengan volume data yang besar tersebut membutuhkan berbagai manajemen sistem yang lebih cepat, dan efektif.

Ada tiga definisi Big Data yang bisa kamu lihat dari beberapa sisi, yaitu:

1. Volume

Definisi volume ini terlihat dari ukuran data yang memiliki jumlah sangat besar. Dengan besarnya ukuran tersebut membutuhkan proses yang juga mumpuni.

2. Velocity

Kecepatannya bisa secara realtime diterima, meskipun datanya sangat besar.

3. Variety

Tidak seperti database SQL dari beberapa jenis data saja. Seperti data dalam bentuk teks, audio, video akan lebih mudah kamu olah dalam Big Data.

Fungsi Big Data

Penggunaannya dalam sistem sangat efektif menyempurnakan aplikasi. Berikut manfaat dan fungsi Big Data yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan sistem manajemen pengolahan data yang sangat besar ini!

Baca juga:  Cara Membuat Status Jualan di FB yang menarik

1. Menentukan Keputusan Sangat Baik

Kombinasi dengan IoT maupun Artificial Intelligence akan lebih mudah dalam berbagai aktivitas bisnis.

2. Menganalisis Anomali dalam Sebuah Bisnis

Anomali sistem bisa terdeteksi dengan sangat mudah, kemudian diolah dan diselesaikan dengan mudah.

3. Efisiensi Biaya, Waktu, dan Performa

Sistem ini begitu canggih, semua proses bisa sangat efisien. Adanya sistem ini jelas bisa meningkatkan performa dari sebuah software aplikasi.

Itulah pengertian Big Data dan manfaatnya untuk berbagai sistem di perusahaan. Kebutuhan di masa depan terkait Big Data ini pastinya semakin besar, terutama untuk kepentingan bisnis.