Begini Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal di Awal

bisnis online tanpa modal

Punya ide bagus untuk bisnis online, tapi tidak punya uang untuk memulainya. Kalimat tersebut seringkali dikeluhkan oleh orang-orang, padahal uang atau modal seharusnya tidak menjadi penghalang. Banyak ide bisnis online tanpa modal yang sebenarnya bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang besar. Walaupun, tidak bisa dimungkiri bahwa uang atau investor juga dapat membuat bisnis berjalan lebih mudah.

Tips Menjalankan Bisnis Online Tanpa Modal

Jangan biarkan kurangnya modal menghalangi Anda untuk berbisnis dan sukses. Dengan memutar otak, menggalakkannya, menjadi kreatif, dan menjadi berbeda, Anda dapat membuahkan bisnis yang sukses.

 

1. Jalankan bisnis jasa untuk memodali bisnis produk

Memulai bisnis yang berorientasi layanan atau jasa adalah hal paling mudah untuk dicoba. Pertama, Anda memberikan layanan dan kemudian Anda mengumpulkan dana dari situ. Ini bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis berbasis produk yang seringkali memang membutuhkan modal di awal dalam jumlah signifikan.

Jadi jika Anda berada dalam situasi ini, pertimbangkan untuk menjual jasa terlebih dahulu. Kumpulkan pemasukan dari bisnis tersebut agar menghasilkan arus kas dan mengumpulkan dana untuk bisnis berbasis produk. Jika semua berjalan lancar, maka Anda akan memiliki dua bisnis yang beriringan.

 

2. Bekerja keras tidak bisa digantikan dengan yang lain

Terkadang Anda harus benar-benar ‘masuk ke parit’ untuk mewujudkan suatu bisnis. Jangan malu untuk memulai segalanya dari bawah, karena itulah yang dilakukan oleh semua pelaku bisnis sukses. Di awal, tentu penghasilan Anda tidak akan sebesar yang dibayangkan. Tetapi percayalah pada proses dan selalu tingkatkan pelayanan Anda. Intinya, kerja keras pasti akan membuahkan hasil, cepat atau lambat.

 

3. Selalu cari ide-ide kreatif

Salah satu filosofi dari kewirausahaan menyatakan bahwa untuk menjadi sukses, Anda harus tetap fokus dengan satu hal. Tetapi saat memasuki fase ‘putus asa’, Anda pasti juga membutuhkan solusi. Maka dari itu, carilah cara-cara kreatif untuk keluar dari masalah. Contohnya, memanfaatkan sumber daya yang ada saat ini dengan cara baru.

Begini, misalnya Anda memulai jasa pembuatan konten blog atau website auto followers. Tetapi, layanan jasa tentu tidak selamanya akan ramai pemesan. Ketika mulai sepi, coba manfaatkan perangkat Anda untuk menjalankan bisnis lain, seperti pembuatan atau perawatan website. Poinnya hampir sama seperti yang pertama tadi, yaitu mencari pemasukan dari hal lain untuk membantu mengembangkan bisnis utama.

 

4. Buatlah hal-hal kecil untuk membedakan diri Anda

Setelah Anda mendapatkan 10 juta pertama dari bisnis yang Anda jalankan, mulailah berpikir out of the box. Coba untuk menjadi berbeda dari yang lain agar bisnis Anda mendapat sorotan yang lebih besar dari para calon konsumen. Pertimbangkan berbagai cara yang mungkin dilakukan untuk membuat bisnis Anda berbeda.

Sesederhana memiliki testimonial dari klien terkemuka, menambah layanan yang belum pernah ada sebelumnya, memiliki izin usaha resmi, menggunakan domain .co.id, dan sebagainya. Percayalah, hal-hal semacam itu akan menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk atau menggunakan jasa.

 

Kesimpulan

Satu-satunya cara nyata untuk mulai menghasilkan uang dari bisnis online tanpa modal adalah menyingsingkan lengan baju dan mulai bekerja sekarang juga. Apapun yang orang lain katakan tentang Anda, abaikan dan teruslah berjalan ke depan.

Ingat, tidak ada jalan pintas yang mudah untuk mendapatkan keuntungan, apalagi dari bisnis online yang persaingannya semakin ketat dari waktu ke waktu. Tetapi jika Anda yakin memiliki produk atau layanan yang diinginkan orang, Anda dapat melakukan hal-hal yang luar biasa.