5 Ide Bisnis Online untuk Orang Super Kreatif

ide bisnis online

Orang-orang kreatif mungkin tidak banyak memiliki ide bisnis online, karena kebanyakan dari mereka berorientasi pada hasil karya. Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa kreativitas juga bisa dimanfaatkan untuk mencari nafkah. Syaratnya, orang kreatif tersebut harus melakukan lebih dari sekadar menciptakan karya, tetapi juga belajar tentang menjalankan bisnis dan pemasaran.

Baca Selanjutnya : Cara Mudah Mengetahui Siapa yang Unfollow Instagram Kita

Ide Bisnis Online dengan Bakat Kreatif

Ada banyak hal yang bisa dijual dari hasil karya orang-orang kreatif. Berikut ini hanya segelintir contoh yang mungkin bisa menginspirasi Anda.

1. Kerajinan Tangan

Jangan berpikir bahwa kerajinan tangan hanya sebatas yang Anda pelajari waktu di sekolah saja. Ada banyak kerajinan tangan yang jika dibuat dengan sangat baik, maka memiliki nilai jual tinggi. Inilah tujuan adanya pasar kerajinan tangan di beberapa daerah atau biasanya terdapat di area destinasi wisata.

Khawatir dengan jangkauan pembeli yang terbatas? Jangan khawatir, buat sebuah konsep atau ide bisnis online di media sosial atau pasarkan melalui platform ecommerce. Dengan membuat etalase digital, pembeli bisa berasal dari berbagai daerah, tak terkecuali dari mancanegara.

 

2. Parsel

Parsel seringkali menjadi kado atau bingkisan yang diberikan kepada seseorang dalam momen-momen tertentu. Mulai dari bingkisan lebaran, ulang tahun, perayaan pernikahan, dan sebagainya. Keranjang yang penuh dengan berbagai macam makanan ini menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan.

Mengapa dibutuhkan orang kreatif? Sebab, yang membuat parsel menarik adalah dari segi penataannya. Mungkin barang-barangnya tidak seberapa, seperti buah-buahan, makanan dan minuman. Dengan ide kreatif, maka barang tersebut bisa dibungkus sedemikian rupa sehingga layak dihargai mahal.

 

3. Mural

Mari mengintip ide bisnis online berikutnya yang juga membutuhkan kreativitas tinggi, yaitu mural. Jangan kira mural atau menggambar di dinding hanya sekadar hobi semata. Justru ini bisa menjadi peluang bisnis yang keuntungannya cukup menjanjikan. Saat ini banyak pemilik rumah, kafe, kantor, bahkan sekolah yang menyewa pelukis mural untuk menghias dinding bangunan mereka.

Tantangan menjalankan bisnis ini adalah dalam hal mencari klien, karena pastinya sangat terbatas sejauh mana Anda bisa pergi. Beruntung, sekarang sudah ada media sosial seperti Instagram yang bisa menjadi galeri portofolio Anda. Jangan lupa tinggalkan kontak yang bisa dihubungi di bio.

 

4. Fotografi

Jika Anda memiliki passion untuk pengambilan foto yang bagus, bisnis fotografi bisa menjadi pilihan ide bisnis online yang juga ideal. Ada beberapa cara menghasilkan uang dari fotografi. Pertama, Anda menjadi fotografer panggilan untuk memotret berbagai momen. Promosinya juga bisa dilakukan lewat berbagai media sosial.

Kedua, adalah dengan mengambil foto berbagai hal sesuai keinginan Anda. Lalu jual foto tersebut secara online melalui banyak platform yang tersedia. Sebut saja seperti iStock, Shutterstock, 123RF, dan sebagainya. Ini merupakan salah satu cara paling efektif bagi fotografer untuk mendapat penghasilan dolar.

 

5. Web Designer

Meskipun ini adalah bidang teknis, namun membuat situs web dan grafis membutuhkan pengetahuan tentang elemen artistik, seperti warna, tekstur dan font. Banyak orang yang ingin membuat promosi, mereka tetapi tidak memiliki waktu atau pengetahuan untuk membangun situs web yang diperlukan. Pada akhirnya mereka mempekerjakan seorang desainer.

Jenis seni ini berbasis internet, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang klien. Banyak perusahaan dan situs freelance yang menyediakan pekerjaan atau proyek untuk seorang web designer. Anda juga bisa membuat portofolio yang spesifik misalnya hanya bekerja untuk pembuatan situs WordPress atau Blogger.

Kreativitas membuat ide bisnis online jadi semakin tak terbatas asalkan Anda bisa melihat peluang sekecil apapun. Di luar kreativitas, pelajari juga tentang tata cara berbisnis yang baik dan bagaimana memasarkannya. Dengan begitu, jadilah sebuah bisnis kreatif yang menjanjikan.