5 Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal

Semakin canggihnya teknologi di era industri 4.0, semakin banyak dan berkembang pula bisnis yang menjanjikan, salah satunya adalah bisnis online. Dengan kehadiran teknologi yang canggih saat ini, dapat membuka peluang Anda untuk berbisnis tanpa modal.

Meskipun bisnis-bisnis berikut merupakan jenis bisnis tanpa modal, bisnis ini tetap dapat memberikan keuntungan untuk Anda, terutama Anda yang baru memulai bisnis dan belum memiliki modal yang cukup banyak, yuk mari simak bisnis-bisnis berikut:

5 Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

1.     Bisnis Dropshipper

Menjadi seorang dropshipper merupakan sebuah hal yang mudah dilakukan, terutama jika Anda ingin memulai sebuah bisnis online tapi belum memiliki modal besar. Pasalnya, dengan menjadi seorang dropshipper Anda hanya membutuhkan modal paket data internet.

Cara kerja dropshipper adalah dengan cara bekerja sama dengan supplier untuk memasarkan produk supplier, lalu setelah ada pelanggan, Anda dapat meneruskan nya ke supplier agar pesanan segera diproses ke pelanggan.

Namun, Anda perlu memperhatikan juga supplier yang Anda pilih agar tidak terjadi penipuan dalam bisnis Anda. Sebab, jika Anda tidak berhati-hati justru Anda yang akan mengalami kerugian nantinya.

2.     Bisnis Kursus Online

Salah satu bisnis online yang paling menjanjikan di era pandemi adalah kursus online. Kebijakan pemerintah dalam menerapkan program belajar dari rumah membuat banyak siswa kesulitan memahami materi yang diberikan oleh guru.

Dengan membuka kursus online atau bimbingan belajar online, Anda dapat membantu para siswa dalam memahami mata pelajaran yang tidak dimengerti sesuai dengan keahlian Anda. Modal yang Anda perlukan dalam bisnis ini hanyalah kuota dan internet yang memadai.

Bisnis ini cocok untuk mahasiswa, selain dapat menambah pemasukan keuangan Anda juga dapat mengasah pengetahuan di bidang yang Anda kuasai atau di bidang yang tidak dimengerti oleh siswa Anda.

3.     Bisnis Fotografi dan Videografi

Menguasai teknik fotografi yang baik tentu tidak mudah, bagi kebanyakan orang lebih mudah menyewa jasa fotografer profesional dibandingkan dengan belajar untuk menguasai sebuah teknik fotografi.

Peluang inilah yang cocok untuk Anda manfaatkan jika Anda memiliki hobi memotret. Anda dapat menjadikan hobi Anda sebagai sebuah bisnis. Anda dapat menawarkan jasa menjadi fotografer untuk acara-acara tertentu, seperti wisuda, lamaran, pernikahan, dan lain sebagainya.

4.     Menjual Barang-Barang Bekas (Thrift Shop)

Bisnis online yang sedang marak digandrungi oleh anak muda zaman sekarang adalah jual beli barang bekas atau yang sering disebut dengan thrift shop. Bermodal baju dan barang bekas yang masih layak pakai, Anda dapat mulai bisnis thrift shop Anda.

Maraknya bisnis ini dikarenakan banyaknya anak muda yang ingin tetap tampil trendy dan kekinian, namun dengan modal yang murah. Thrift shop juga menjual barang bekas pakai yang masih layak, seperti lampu belajar, lemari plastik, jam tangan, hingga sepeda.

5.     Menjadi Influencer

Banyaknya platform digital yang mendukung orang untuk dapat terkenal saat ini merupakan salah satu faktor yang dapat membuat Anda mudah menjadi seorang influencer. Anda tidak harus menjadi seorang aktris dan aktor untuk dapat menjadi seorang influencer.

Dalam dunia marketing, seorang influencer marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang akan terus digunakan para pebisnis terutama start up bisnis, untuk mempromosikan bisnis mereka dengan biaya yang terjangkau.

Menarik bukan untuk mencoba sebuah bisnis tanpa harus memikirkan modal yang dikeluarkan? Namun, masih banyak lagi bisnis tanpa modal yang Anda dapat coba, terutama untuk mahasiswa yang membutuhkan uang jajan tambahan selama pandemi.