7 Tips Membangun Website Toko Online

membangun website toko online

Hi guys, pasti banyak dari kalian yang kepengen Bisnis yang dijalankan berjalan dengan lancar atau ingin mendapatkan pemasukan yang lebih banyak dari sebelumnya, apalagi jaman sekarang yang semuanya serba manual atau offline beralih menjadi serba online.

Misalnya saja, dulu kalau untuk belanja segala keperluan baik itu pangan, pakan dan papan kita harus datang ke lokasi penjualan dan beli langsung, tapi sekarang hampir 75% udah gg lagi, kalian tinggal internetan ajah di rumah sambal nonton TV atau tiduran, cari apa ajh yang kalian perlukan dan lakukan transaksi , tinggal klik tombol beli, transfer selesai, Terima kasih kepada teknologi karena semua sudah serba dimudahkan hehehehe.

Hmmmm bicara soal jual beli onine, banyak orang – orang yang memanfaatkan peluang ini dengan membangun sebuah toko online. Mereka menjadikan toko online ini sebagai mata pencarian utama, sebagai alat untuk memperlancar atau bahkan sampai kepingin mendapatkan pemasukan yang signifikan.

Well walaupun hasil yang didapat rata-rata penjualanan dari Toko Online sangat amat menggiurkan 🙂 tapi ada baiknya kita sebagai pengusaha harus tau minimal pegangan atau tujuan kita membangun sebuah toko online. Dan untuk membangun toko online bagi bisnis kita, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan! Terlebih lagi untuk kita yang baru mengenal dunia online dan ingin mengembangkan bisnis melalui website toko online, penting untuk menyimak tips di bawah ini! 🙂

Tips Membangun Website Toko Online

Fokus pada Tujuan!

Ketika kalian tau bahwa website toko online udah jadi trend bisnis masa kini, jangan langsung buru-buru ikutan bikin toko online! Kalian harus tau terlebih dahulu, tujuan kalian membuat toko online itu apa? Apakah kalian ingin mempermudah bisnis kalian? Apakah kalian hanya ingin membuat pemasukan atau keuntungan yang lebih?  Atau bahkan hanya untuk sekedar ikut-ikutan temen yang udh bikin toko online untuk bisnis mereka ? (wah bahaya nih kalo tujuannya cuman ikut temen hihihihi)Guys, kalian itu harus menjadi  orang yang  aktif mengamati bahkan terlibat langsung dengan sistem jual beli secara online dengan menggunakan website. Jika kalian sudah mengamati atau bahkan mempelajari mengenai sistem jual beli online, kalian akan tahu apa saja yang dibutuhkan oleh website toko online yang akan kalian bangun agar bisa digunakan dengan baik oleh pelanggan kalian nantinya. Jangan tergesa – gesa karena ingin mengikuti trend. Rencana dan tujuan kalian harus benar – benar jelas dan matang. 🙂

Design dan Fitur

Ketika kalian sudah mempunyai rencana dan tujuan yang sudah jelas dan matang, saatnya kalian memikirikan design dan fitur-fitur yang cocok untuk toko online kalian. Karena design ataupun fitur – fitur yang kurang professional atau kurang sesuai bisa berimbas pada kurangnya tingkat kepercayaan calon pembeli terhadap toko online kita, walaupun kita gg bermaksud melakukan penipuan.Bangunlah sebuah toko online seindah dan senyaman mungkin di kunjungi oleh calon pembeli. Buat pengunjung lebih betah melihat koleksi-koleksi produk kalian yang tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan sebuah transaksi jual beli. Berikut tips untuk design dan fitur :

  1. Pemilihan warna template yang soft untuk mata pengunjung
  2. Adanya perpaduan fitur pendukung seperti Navigasi, Banner, slideshow, dll
  3. Kejelasan mengenai Cara Belanja (FAQ), Metode Pengiriman Barang, dan yang tidak kalah penting yaitu Cara Pembayaran.
  4. Widget kontak dan Alamat yang jelas untuk mempermudah calon pembeli menghubungi kalian.
  5. Gunakan design yang Mobile Friendly, agar pengguna atau pelanggan kalian nyaman melihat toko online kalian jika mereka menggunakan HP sebagai medianya.

Cantumkan Media Sosial Bisnis Kalian

Ketika kalian sudah siap dengan design dan fitur, jangan lupa cantumkan akun media social pada toko online kalian, seperti Facebook, Instagram atau Twitter bisnis kalian. Ini sangat berguna untuk memperkenalkan media social kalian kepada orang yang mengunjungi website atau toko online kalian. Mereka harus tahu dimana saja kita bisa ditemui dan dengan cara apa saja mereka bisa membeli produk kita.

Gunakan SEO untuk mensukseskan Website Toko Online kalian

Kita semua tahu bahwa apapun yang kita cari dan temukan di mesin pencari seperti Google itu berkat bantuan dari SEO atau Search Engine Optimization. Terlebih untuk sebuah website yang mudah untuk kita temukan, maka strategi dan teknik SEO website mereka sudah sangatlah “JAGO”. Nah kali ini apakah Anda hanya ingin memiliki website dengan fitur lengkap dan tampilan yang menarik, tapi tidak mudah ditemukan oleh pengguna internet? Lalu apa gunanya? Terapkan strategi SEO dalam mengembangkan website toko online kalian. Mulai dari SEO Onpage sampai SEO Offpage. Kalian bisa belajar dari mana saja, mulai dari buku, internet sampai mengikuti training. Dan jika kalian gg pengen ribet belajar SEO disini kalian dapat menyewa jasa untuk SEO pada web toko online kalian, tanpa harus mengeluarkan banyal uang.

Uji semuanya dengan Cermat dan Teliti 

Setelah kalian sudah memiliki sebuah website toko online, langkah pertama kalian sebelum Go Live adalah menguji semua fitur yang ada pada website toko online kalian. Jangan sampai ada beberapa fitur pada web toko online kalian yang tidak berfungsi sesuai dengan fungsinya.Jika kalian menggunakan jasa developer, usahakan untuk mengoreksi setiap hasil dari mereka dan sesuaikan dengan kebutuhan website toko online kalian. Selebihnya bisa kalian tambahkan sendiri setelah kalian tahu ingin menambahkan fitur apalagi di dalam website toko online kalian. Namun jika kalian ingin membangun website toko online yang lebih lengkap, kalian bisa menggunakan jasa toko online dari informatikamu.id. Di sana kalian dapat membangun website toko online kalian sesuai dengan kebutuhan website toko online responsive dan profesional. Karena setiap inci website toko online saat ini sudah disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan pasar akan toko online.

Lakukan Pengembangan pada Website Toko Online kalian

Ini hal yang harus kalian lakukan setelah semua di atas kalian lakukan. Pengembangan website toko online sangat perlu kalian lakukan. Karena setiap hari teknologi dan perkembangan seputar website dan SEO akan terus berkembang. Saat kalian merasa puas dan hanya mengandalkan yang sekarang ini, bisa jadi kalian ketinggalan untuk menjadi website yang berkembang. Kita bisa mencari referensi mulai dari tampilan, fitur sampai dengan proses pemasaran websitenya sendiri.

Gunakan Jasa dan Layanan yang dapat membantu kalian Go Live > Go Online

Nah, yang terakhir adalah mencari partner yang tepat untuk membantu kita sukses Go Live. Dalam strategi bisnis apapun, membangun hubungan dengan orang lain atau bisnis lain adalah cara yang bisa kalian lakukan. Seperti ketika kalian menggunakan Jasa pembuatan website toko online, yang memudahkan kalian berjualan. Dengan kemudahan ini, kalian bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis, dan untuk urusan website kalian bisa serahkan kepada ahlinyaMenggunakan jasa yang membantu kita untuk sukses Go Live memang tidak mudah ditemukan. Apalagi yang benar – benar membantu kita berkembang. Rata – rata mereka hanya menyediakan apa kita kita butuhkan, bukan apa yang customer atau pelanggan kita butuhkan. Padahal yang lebih penting adalah menyediakan kemudahan bagi kita sebagai pemilik bisnis online dan pelanggan sebagai orang yang penting bagi bisnis kita.

 

Oke guys diatas adalah tips yang bisa kalian gunakan untuk membantu kalian agar sukses membangun toko online. Lalu apa yang Kalian butuhkan lagi? Segera Optimalkan usaha atau bisnis kalian dengan memiliki website toko online, jual barang kalian dan dapatkan omset yang berlimpah dari penjualan kalian. Kami akan rancang toko online kalian agar user friendly dan terlihat profesional. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *