dividen saham
Mengenal Dividen Saham dan Bagaimana Cara Kerjanya

Selamat datang, investor pintar! Memahami terminologi keuangan seperti dividen saham biasanya mengintimidasi banyak orang. Tapi jangan khawatir, kami di sini untuk menjelaskan semuanya kepada Anda. Mari kita mulai dengan mengerti apa itu dividen dan bagaimana cara kerjanya dalam investasi saham. 

Apa itu Dividen Saham dan Mengapa Penting di Dunia Investasi?

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam saham, tidak hanya potensi apresiasi nilai yang dicari, tetapi juga dividen. Anda mungkin bertanya, apa itu dividen? Dividen saham merupakan pembagian keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada para pemegang sahamnya. Dividen ini biasanya dibagikan secara rutin, umumnya setahun sekali atau dua kali dalam setahun, tergantung pada kebijakan perusahaan. 

Mengapa dividen itu penting? Dividen menunjukkan bahwa perusahaan sedang menghasilkan keuntungan dan sehat secara finansial. Selain itu, dividen juga memberikan aliran pendapatan pasif bagi pemegang saham. Dengan menerima dividen saham, investor bisa mendapatkan penghasilan dari investasi mereka, meskipun nilai saham di pasar tidak meningkat. 

Melalui pembayaran dividen, perusahaan juga mengkomunikasikan pesan positif kepada investor tentang prospek masa depan perusahaan. Itulah sebabnya, banyak investor yang memandang dividen sebagai indikator kesehatan perusahaan dan prospek pertumbuhannya.

Tetapi jangan terburu-buru, tidak semua perusahaan membayar dividen saham. Perusahaan-perusahaan yang masih dalam tahap pertumbuhan atau ekspansi intensif cenderung tidak membayar dividen karena kebutuhan untuk menginvestasikan kembali keuntungan mereka ke dalam bisnis. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda sebagai seorang investor untuk memahami kebijakan dividen perusahaan sebelum mengambil keputusan investasi.

Jadi, jika Anda adalah investor yang mencari pendapatan pasif dan stabilitas, investasi dalam saham yang menghasilkan dividen mungkin menjadi pilihan yang baik untuk Anda. Sebaliknya, jika Anda mencari pertumbuhan capital yang agresif, saham dari perusahaan yang tidak membayar dividen tetapi fokus pada ekspansi bisa menjadi pilihan Anda.

Pengertian Dividen dan Perannya dalam Mendapatkan Keuntungan

 Anda mungkin sempat bertanya-tanya, apa sebenarnya dividen saham itu? Nah, dividen adalah pembagian laba atau keuntungan perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham sebagai bentuk apresiasi atas investasi yang telah mereka lakukan. Dividen biasanya ditentukan oleh manajemen perusahaan dan disetujui oleh dewan direksi. Tidak semua perusahaan membagikan dividen, tetapi bagi yang memilih untuk melakukannya, ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menarik investor dan mempertahankan kepercayaan mereka. 

 Sekarang, mari kita bahas sedikit lebih detail tentang peran dividen saham dalam mendapatkan keuntungan dari investasi saham. 

 Ketika Anda membeli saham, ada dua cara utama Anda bisa mendapatkan keuntungan: apresiasi harga dan dividen. Apresiasi harga terjadi ketika harga saham yang Anda beli meningkat di pasar. Ini adalah cara paling umum orang mendapatkan keuntungan dari investasi, tetapi itu bisa fluktuatif dan tidak selalu dapat diandalkan. Di sisi lain, dividen saham adalah keuntungan yang lebih stabil dan dapat diandalkan – selama perusahaan menghasilkan laba dan memilih untuk membagikannya kepada pemegang saham. 

 Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa dividen saham adalah bagian penting dari strategi investasi: 

  1. Penghasilan Pasif: Dividen memberikan arus kas yang konsisten dan dapat diprediksi, membuatnya menjadi sumber penghasilan pasif yang bagus.
  2. Stabilitas: Mereka menawarkan stabilitas dalam portofolio Anda, terutama dalam pasar yang volatile atau tidak pasti.
  3. Reinvestasi: Anda juga dapat memilih untuk reinvestasi dividen Anda – yang berarti membeli lebih banyak saham dengan dividen saham yang Anda terima, memungkinkan kompounding atau penumpukan keuntungan seiring waktu.

 Jadi, sementara dividen mungkin tidak selalu menjadi pertimbangan utama dalam keputusan investasi Anda, mereka pasti layak untuk dipertimbangkan. Selain potensi harga saham yang naik, pemegang saham juga bisa mendapatkan keuntungan dari dividen yang dibagikan. 

Mengenal Jenis Dividen yang Ada di Pasar Saham

Di dalam dunia investasi saham, dividen bisa datang dalam berbagai bentuk yang berbeda, tergantung pada pola distribusi keuntungan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa jenis dividen yang perlu Anda ketahui :  

  • Dividen Tunai: Bentuk paling umum dari dividen ini adalah pembayaran tunai yang langsung masuk ke rekening para pemegang saham. Besarnya pembayaran ini tergantung pada jumlah saham yang dimiliki.
  • Dividen Saham: Daripada memberikan uang tunai, beberapa perusahaan memilih untuk membagikan saham tambahan kepada pemegang saham. Ini dilakukan dengan mengonversi sebagian dari laba perusahaan menjadi saham dan membagikannya kepada pemegang saham.
  • Dividen Properti: Meskipun jarang terjadi, terkadang sebuah perusahaan dapat memilih untuk membagikan aset atau properti sebagai dividen.
  • Dividen Khusus: Ini adalah dividen yang dikeluarkan di luar jadwal pembayaran dividen biasa perusahaan dan biasanya dianggap sebagai bonus bagi pemegang saham.

Setiap jenis dividen mempunyai cara penyebarannya masing-masing dan biasanya mempengaruhi cara investasi seseorang. Jadi, untuk dapat memanfaatkan dividen dengan benar dan maksimal, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis dividen ini. 

Tetapi perlu diingat, bahwa tidak semua perusahaan membagikan dividen. Beberapa perusahaan mungkin memilih untuk menahan laba dan menginvestasikannya kembali ke dalam bisnis untuk pertumbuhan jangka panjang, daripada membagikan dividen. Oleh karena itu, penting untuk memahami tujuan dan strategi investasi Anda sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam saham yang membagikan dividen.

Bagaimana Dividen Bekerja dalam Saham

Mari kita bongkar cara kerja dividen dalam saham. Misalnya saja, kamu membeli saham dari sebuah perusahaan dan perusahaan tersebut memutuskan untuk membagikan bagian dari keuntungannya kepada pemegang saham sebagai dividen. Yeah, berhasil! Dividen bisa menjadi pendapatan pasif yang bagus bagi investor. Oke, sebelum terlalu bersemangat, mari kita ungkap bagaimana dividen ini bekerja. 

Membagikan Profit Keuntungan 

Setelah menghitung pendapatan dan memotong biaya operasional dan lainnya, perusahaan memiliki keuntungan bersih. Bagian dari keuntungan ini bisa dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen. Tentunya, jumlah yang kamu dapatkan akan berbeda-beda tergantung pada jumlah saham yang kamu miliki. 

Bagaimana Dividen Dihitung 

Pada dasarnya, dividen dihitung berdasarkan persentase keuntungan perusahaan tersebut. Misalnya, jika perusahaan memutuskan untuk mengalokasikan 20% dari keuntungannya sebagai dividen, dan keuntungan bersihnya adalah 1 miliar rupiah, maka total dividen yang akan dibagikan adalah 200 juta rupiah. Kakak, yang perlu kamu ingat, dividen ini nantinya akan dibagi merata ke semua saham yang beredar. Sehingga, banyaknya saham yang kamu miliki akan sangat mempengaruhi berapa besar dividen yang akan kamu terima. 

Batasan Pembayaran Dividen 

Secara hukum, perusahaan tidak bisa membayar dividen jika perusahaan belum menghasilkan keuntungan atau jika pembayaran tersebut akan membuat perusahaan menjadi tidak solven. Jadi, berinvestasi saham bukan berarti selalu mendapatkan dividen ya Sobat investor! 

Dividen dalam Bentuk Saham 

Ada satu hal lagi yang mungkin mengejutkan kamu. Dividen tidak selalu dalam bentuk uang. Ya, benar. Terkadang, perusahaan juga memberikan opsi kepada pemegang saham untuk menerima dividen dalam bentuk saham tambahan. Ini adalah alternatif yang bagus jika kamu ingin meningkatkan jumlah saham yang kamu miliki tanpa harus membeli lebih banyak saham. 

Manfaat Dividen dalam Investasi Saham 

Sebagai investor, menerima dividen bisa menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan. Ingin tahu kenapa? Karena selama kamu memegang saham dalam perusahaan tersebut, kamu akan terus menerima pembayaran dividen setiap tahunnya, asalkan perusahaan masih menghasilkan keuntungan dan memutuskan untuk membagikannya. 

Harapan terakhir, semoga artikel ini bisa mencerahkanmu tentang bagaimana dividen bekerja dalam saham dan bagaimana kamu bisa memanfaatkannya. Selamat berinvestasi!

Read More : 5 Tips Membangun Portofolio Saham yang Sehat

Reference : https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/arti-dividen-dalam-investasi-saham-yang-perlu-diketahui

Related Articles

Selamat datang di dunia investasi saham, tempat orang-orang berusaha mendapatkan keuntungan dari fluktuasi harga saham. Namun, ingatlah bahwa sepanjang perjalanan..
Selamat datang di dunia investasi saham. Jadi, mari kita mulai petualangan kita dalam memahami istilah-istilah dalam dunia saham! tempat kamu..
Selamat datang, investor pemula! Apakah Anda pernah berpikir bahwa investasi adalah hal yang harus dilakukan hanya dengan modal besar? Jika..
Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah lebih baik melakukan investasi saham jangka panjang atau jangka pendek? Sebelum membuat keputusan, ada baiknya memahami..
Selamat datang, Pembaca yang Budiman! Anda sedang berada di tempat yang tepat jika Anda mencari bagaimana cara memilih saham yang..