Menjadi Sukses Dengan Belajar Bisnis Online Bagi Pemula

belajar bisnis online bagi pemula

Kesuksesan beberapa pebisnis online juga melalui tahapan belajar saat masih tahap permulaan. Untuk anda yang juga ingin mengikuti kesuksesan pebisnis online, anda bisa melakukan tahapan belajar bisnis online bagi pemula, dengan tujuan anda memiliki bekal ilmu dan memiliki gambaran  dalam melakukan bisnis online. 

 

Miliki pola pikir bisnis yang benar

Selain keinginan dan niat yang kuat, ada baiknya anda perlu membentuk pola pikir anda dalam memulai berbisnis. Anda harus memiliki mental yang positif. Dalam berbisnis anda harus memikirkan jangka panjang bisnis anda serta membangun aset yang nantinya aset tersebut bekerja untuk anda.

Jangan sampai anda bekerja mati-matian untuk mensukseskan bisnis anda, namun ada hal yang anda korbankan karena kesibukan mengurus usaha.

 

Pilih Produk yang Ingin dijual 

Dalam berjualan utamanya bisnis online, tentunya anda perlu menentukan barang yang akan ditawarkan kepada masyarakat. Bisnis online sering dipilih karena merupakan pekerjaan online tanpa modal, dan untuk anda yang ingin bisnis secara online tapi zonk soal dana, anda bisa mencoba menjual skill atau jasa yang anda miliki seperti menjadi penulis lepas, jasa fotografi, dan editor video lepas. Jika tidak coba anda jual produk fisik dengan menjadi reseller dari sebuah toko atau temanmu yang juga berdagang. Karena dengan menjadi reseller anda hampir tidak memerlukan modal dalam membangun bisnis. Tapi, anda juga harus memiliki relasi untuk diajak bekerja sama. 

Dalam belajar bisnis online bagi pemula, ada hal-hal yang harus ketahui dalam pemilihan produk mulai dari cari tau apa yang sedang dibutuhkan masyarakat, kemudian apa yang anda jual harus menjadi pemberi solusi permasalahan masyarakat, dan anda harus memberikan kebermanfaatan untuk orang-orang dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan.

 

Miliki akun bisnis online kamu sendiri

Hal yang harus dimiliki para pebisnis online adalah toko online atau media tempat  memasarkan barang dagangan. Nah enaknya dalam bisnis online, anda tidak perlu bersusah payah membangun sebuah toko atau menyewa ruko untuk memajang produk anda. Cukup anda pilih media yang ingin anda gunakan.

Belajar bisnis online bagi pemula, anda harus memperhatikan media apa saja yang memiliki khalayak sasaran dagangan anda. Banyak sekali media sosial yang lumrah digunakan para pebisnis online seperti WhatsApp, di WhatsApp anda dapat mengunggah foto dagangan di Story anda atau menggunakan WhatsApp Business, dan pembeli dapat langsung bertanya-tanya mengenai produk anda secara langsung dengan personal chat. Kemudian ada Instagram, kamu bisa memajang foto produkmu di linimasa instagram dan sematkan juga deskripsi harga dan jangan lupa sertakan contact person yang bisa dihubungi sehingga pelanggan dapat bertanya pada anda dengan mudah. Dan ada juga facebook dengan mengikuti grup komunitas, line, gabung toko online seperti tokopedia atau anda juga bisa menggunakan website.

Namun perlu diperhatikan juga untuk penggunaan website pastikan website yang akan kamu gunakan free atau website berbayar, karena ini akan mempengaruhi proses penggunaan website. Namun ada baiknya kamu menggunakan website berbayar karena tidak akan ada gangguan seperti lemot, error sistem, atau tambahan aplikasi untuk mengoperasikannya.