brand awareness
4 Strategi Meningkatkan Brand Awareness di TikTok

Bisakah Anda membayangkan bahwa platform media sosial seperti TikTok dapat menjadi kunci sukses bisnis Anda? Jika Anda belum mempertimbangkannya, mungkin sekarang saatnya untuk melakukannya. Artikel ini bertujuan untuk membantu pemilik bisnis memahami bagaimana mereka dapat menggunakan TikTok sebagai alat pemasaran yang efektif untuk meningkatkan brand awareness.

Strategi Meningkatkan Brand Awareness di TikTok

TikTok bukan hanya wadah bagi generasi muda untuk mengekspresikan diri melalui menari dan bernyanyi, tetapi juga platform yang digunakan oleh jutaan pengguna setiap harinya – peluang yang sangat besar untuk pemasaran produk dan layanan Anda.

Dengan fitur kreatifitas yang kaya dan alat yang user-friendly, TikTok mendorong pemilik bisnis untuk berbagi dan mempromosikan konten mereka dengan cara yang unik dan otentik.

Salah satu keunggulan TikTok adalah kesempatan yang luas untuk viral, sehingga memiliki potensi untuk menjangkau audiens yang lebih luas daripada platform media sosial lainnya.

Memanfaatkan Hashtag Populer

Hashtag sangat populer dalam dunia media sosial, dan TikTok tidak terkecuali. Menggunakan hashtag populer di TikTok bukan hanya tentang menjadi bagian dari tren. Hashtag berfungsi sebagai sarana untuk mengkategorikan konten, memudahkan pengguna untuk menemukan dan melihat video yang terkait dengan topik atau ide tertentu. 

Dengan memanfaatkan hashtag populer yang relevan dengan bisnis Anda, video Anda dapat tampil di depan pengguna yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda. Misalnya, jika Anda menjual produk kecantikan, Anda dapat menggunakan hashtag seperti #BeautyTips atau #MakeupTutorial. 

  • Temukan Hashtag yang Tepat: Selalu pastikan untuk melakukan riset hashtag dan memilih yang paling relevan dengan bisnis Anda. Terlalu banyak hashtag bisa membuat postingan Anda tampak spam dan sebaliknya dapat menurunkan tingkat keterlibatan.
  • Buat Hashtag Anda Sendiri: Mempromosikan hashtag kustom Anda juga bisa menjadi metode yang efektif. Ini tidak hanya dapat membantu membangun komunitas seputar bisnis Anda, tetapi juga memungkinkan Anda untuk melacak interaksi khusus dengan hashtag tersebut.

Ingatlah bahwa tujuan utama menggunakan hashtag adalah meningkatkan jangkauan video Anda. Pilih hashtag populer yang relevan dan kaitkan dengan bisnis Anda sehingga Anda dapat menjangkau sebanyak mungkin pengguna TikTok.

Hasil akhirnya adalah meningkatkan brand awareness dan, pada akhirnya, penjualan. Jadi, perhatikan dengan cermat tentang hashtag yang Anda pilih. Bisnis Anda dapat memanfaatkan kekuatan dari hashtag populer di TikTok untuk mencapai pasar yang lebih luas dan memperkenalkan produk atau layanan Anda kepada penonton yang lebih besar.

Membuat Video Viral di TikTok

Membuat video viral di TikTok membutuhkan pemahaman mendalam tentang platform tersebut dan audiens sasarannya. Strategi utama yang perlu Anda ingat adalah konten harus relevan, menghibur, dan di mana mungkin, mengikuti tren yang sedang berlangsung. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mencapai ini:

  • Kreativitas: Dalam membuat video TikTok, kreativitas adalah kunci utama. Video Anda harus unik dan berbeda dari yang lain, sehingga menonjol dalam aliran konten yang penuh sesak. Misalnya, Anda dapat mencoba mengemukakan ide atau pesan bisnis Anda melalui cerita atau skenario yang menarik dan berbeda.
  • Tren: Mengikuti tren yang sedang berlangsung bukan hanya tentang mengikuti apa yang dilakukan orang lain. Ini juga tentang memahami apa yang sedang populer dan bagaimana bisa dimanfaatkan untuk bisnis Anda. Misalnya, jika ada lagu atau tantangan dansa yang sedang viral, Anda bisa mencoba membuat video yang terkait dengan itu tetapi masih menunjukkan identitas merek Anda.
  • Menggunakan CTA yang tepat: Call-to-action (CTA) yang efektif dalam video TikTok dapat mendorong penonton untuk berinteraksi dengan konten Anda secara lebih lanjut. Misalnya, Anda bisa mengajak penonton untuk ‘sukai’ atau ‘bagikan’ video Anda, atau mengajak mereka untuk ‘ikuti’ akun bisnis Anda.

Selain itu, penting untuk selalu mengoptimalkan video Anda untuk platform TikTok. Gunakan format video vertikal dan pastikan video Anda jelas dan ber-definition tinggi. Juga, gunakan musik dan efek suara yang menarik untuk menambah daya tarik visual dan audio video Anda. 

Ingatlah bahwa membuat video viral di TikTok bukanlah tentang sukses yang instan, tetapi tentang eksperimen, pembelajaran, dan perbaikan berkelanjutan. Jadi, terus coba berbagai strategi dan lihat apa yang berhasil untuk bisnis Anda.

Membuat Konten Kreatif di TikTok

Membuat konten yang menarik dan kreatif adalah kunci untuk meningkatkan brand awareness melalui TikTok. Salah satu cara yang paling efektif untuk melakukan hal ini adalah dengan menciptakan konten yang memicu emosi penonton, seperti menghibur, membuat penasaran, atau memberikan nilai tertentu. Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu Anda melakukannya. 

  1. Mengetahui Audiens Anda: Pahami siapa audiens Anda dan apa yang mereka inginkan. Dengan cara ini, Anda akan dapat membuat konten yang menarik dan relevan bagi mereka.
  2. Bermain dengan Tren: Terus-menerus memantau tren yang sedang berlangsung di TikTok. Jangan ragu untuk mencoba tren baru yang sesuai dengan merek dan audiens Anda.
  3. Cerita Yang Menarik: Ciptakan kisah yang menarik dan relatable dengan audiens Anda. Hal ini akan membantu video Anda mendapatkan lebih banyak likes dan komentar, yang berarti engagement yang lebih tinggi.
  4. Desain Visual yang Menarik: Gunakan elemen visual yang menarik, termasuk warna, animasi, dan efek khusus, untuk membangun estetika merek Anda dan menarik perhatian penonton lebih lama.

Ingatlah bahwa kreativitas adalah tentang mencoba hal baru dan tidak takut gagal. Jadi, beranikan diri untuk bereksperimen dan tetap konsisten dalam menciptakan konten berkualitas tinggi untuk audience Anda di TikTok. 

Contoh Praktis: Membuat Konten Kreatif di TikTok 

Berikut adalah contoh praktis cara merek dapat membuat konten kreatif di TikTok: 

  • Lay’s: Lay’s menciptakan kampanye #SmileWithLays, yang mendorong pengguna TikTok untuk mengunggah video mereka sendiri sambil menunjukkan senyum ceria mereka dan sebuah kantong Lay’s. Ini adalah cara cerdas Lay’s untuk membuat konten yang memanfaatkan perilaku alami penonton dan mempromosikan produk mereka.
  • Chipotle: Chipotle memanfaatkan ‘Chipotle Lid Flip Challenge’ di mana pengguna diminta untuk membalik penutup mangkuk Chipotle dan mendaratkannya kembali di tempatnya. Ini memberikan pengguna cara yang menyenangkan dan menantang untuk berinteraksi dengan merek.
  • Gymshark: Gymshark berhasil memanfaatkan tantangan viral, ‘Stand Up Challenge’. Dalam tantangan ini, pengguna mencoba bangun tanpa menggunakan tangan mereka. Gymshark merancang konten yang baik-baik saja dan fit dengan merek mereka.

Praktek di atas dapat menjadi acuan Anda dalam membuat konten kreatif di TikTok. Pokoknya, biarkan kreativitas Anda berbicara dan tunjukkan karakteristik unik merek Anda melalui video-video Anda.

Kolaborasi Dengan Influencer di TikTok

Influencer marketing adalah pendekatan yang sudah tidak asing lagi dalam dunia pemasaran digital. TikTok, sebagai platform yang sarat dengan influencer yang memiliki berbagai latar belakang dan minat, menjadi tempat yang ideal untuk berkolaborasi dan mempromosikan merek Anda. Mari kita bahas bagaimana Anda dapat memanfaatkan kekuatan influencer di TikTok. 

Kenapa kolaborasi dengan influencer? 

Bekerja sama dengan influencer dapat memberi bisnis Anda akses ke audiens yang lebih luas dan lebih terlibat. Influencer memiliki kecenderungan untuk menciptakan tren dan mengubah perilaku konsumsi audiensnya. Mereka juga seringkali memiliki hubungan yang kuat dengan pengikutnya, yang bisa membantu menciptakan kepercayaan dan loyalitas terhadap merek Anda. 

Bagaimana memilih influencer yang tepat? 

  1. Pertimbangkan demografis pengikut mereka. Pastikan mereka memiliki audiens target yang cocok dengan merek Anda.
  2. Periksa kualitas konten mereka. Pastikan mereka membuat konten yang berkualitas dan sesuai dengan merek Anda.
  3. Periksa tingkat keterlibatan mereka. Lihat apakah mereka memiliki tingkat keterlibatan yang baik dengan pengikut mereka.

Belum lagi, kerja sama dengan influencer TikTok bisa menghasilkan berbagai cara kreatif untuk menampilkan produk atau jasa Anda, baik itu melalui tantangan dance, sketsa humor, tutorial, atau berbagai konten lainnya. 

Kolaborasi dengan influencer dapat menjadi cara yang efektif untuk mencapai audiens TikTok dan meningkatkan brand awareness Anda.

Ingatlah, pada akhirnya keberhasilan kerja sama ini akan bergantung pada pemilihan influencer yang tepat, dan juga penggunaan strategi konten yang efektif dan menarik. Jadi, pastikan Anda melakukan penelitian dan perencanaan yang cukup sebelum melangkah.

Buat kamu yang ingin mendapatkan like Tiktok Gratis bisa coba fitur kami!

Reference : http://e-journal.uajy.ac.id/25747/3/17%20090%206335%202.pdf

Related Articles

Selamat datang, pembaca yang budiman! Apakah Anda baru memulai perjalanan Anda dalam dunia iklan digital atau mungkin Anda sudah berpengalaman..
Kunci biar TikTok kamu selalu menjadi FYP. Cobalah menggunakan tagar atau hastag untuk mempermudah videomu fyp di tiktok. Kamu pasti..
Selamat datang di artikel kita yang sangat menarik ini, di mana kita akan membahas tentang rahasia yang mungkin banyak orang..
Affiliate marketing merupakan sebuah strategi pemasaran digital yang efektif dan bisa membantu bisnis Anda tumbuh. Siapa pun dapat bertindak sebagai..
Selamat datang di tutorial ini. Anda mungkin pernah bertanya-tanya bagaimana cara membuat kampanye iklan yang efektif di Instagram, bukan? Nah,..