Bagaimana Cara Promosi Video YouTube di Facebook?

Facebook bisa menampilkan sebuah video YouTube di timeline cukup dengan me-input link dari video utama. Ada peluang besar untuk menggunakan Facebook sebagai media promosi video YouTube kamu. Ada beberapa cara promosi video YouTube di Facebook untuk meraih lebih banyak engagement.

Cara mendapatkan Engagement

Kenali Algoritma Facebook

Sebelum masuk ke cara promosi, langkah pertama paling penting adalah mengetahui bagaimana algoritma Facebook bekerja. Facebook lebih memprioritaskan postingan berupa video di bagian utama diikuti dengan konten berupa foto serta tulisan.

Meski begitu, postingan berupa foto atau tulisan di Facebook masih memiliki tempatnya sendiri. Ini karena platform Facebook berbeda dengan YouTube yang menyajikan konten video sebagai ciri khas utama.

Buat Laman Facebook-mu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat halaman khusus di Facebook untuk produk atau YouTube-mu.  Laman Facebook sendiri tidak terbatas pada video jadi bisa menarik penonton melalui foto atau tulisan. Poin pentingnya adalah membuat pengguna membagikan, like, dan komen di konten lamanmu.

Membuat Konten Menarik

Setiap platform punya keunikan penyajian konten dalam menarik lebih banyak perhatian. Menggunakan Facebook juga bisa menjadi cara promosi YouTube gratis lalu mendapatkan lebih banyak penonton. Banyak orang memilih menyebarkan link YouTube mereka secara langsung, tetapi masih ada cara yang lebih menarik.

Pembuatan konten bisa berupa postingan foto tumbnail yang ada di video YouTube lengkap dengan kata-kata menarik. Kamu juga bisa membuat konten video highlights atau cuplikan dari yang ada di YouTube. Ketika pengguna sudah merasa tertarik dengan potongan video, arahkan untuk membuka laman videomu. 

Baca juga:  [Infografis] Kapan Waktu Terbaik Untuk Posting di Social Media

Gunakan Facebook Ads

Jika dengan cara di atas masih belum banyak penonton, maka cobalah untuk menggunakan Facebook Ads. Ini merupakan cara promosi YouTube yang memang tidak gratis tetapi memungkinkan lebih banyak mendapat engagement.

Cara ini akan bekerja lebih baik ketika video YouTube merupakan video iklan dari brand yang kamu jual. Ini merupakan cara dapat view banyak di YouTube dan jika sudah ada Adsense, uang untuk promosi akan kembali lewat Adsense.Secara ringkas, ada dua cara promosi video YouTube di Facebook yaitu dengan membagikan langsung link video atau lewat pembuatan highlights. Jangan lupa untuk atur preferensi iklan jika kamu memutuskan untuk memakai Facebook Ads untuk promosi.