Analisis Kompetitor
Langkah dalam Melakukan Analisis Kompetitor untuk Meningkatkan Strategi

Dalam era digital yang serba cepat ini, memahami strategi dan taktik kompetitor dapat memberikan keunggulan kompetitif. Oleh karena itu, analisis kompetitor merupakan elemen penting dalam penguatan posisi bisnis online Anda. Bagaimana caranya? Ikuti panduan ini untuk memahami bagaimana melakukan analisis kompetitor yang efektif. 

Langkah-langkah dalam Melakukan Analisis Kompetitor

Setelah mengeksplorasi konsep utama, penting untuk melangkah ke tahap praktis dari analisis kompetitor. Menggunakan pendekatan systematic, harus dapat memahami elemen-elemen apa saja yang perlu dianalisis. 

Mengidentifikasi Kompetitor Anda 

Pada tahap pertama, Anda harus mengidentifikasi siapa kompetitor utama Anda. Ini bisa melibatkan perusahaan yang berada di ruang online yang sama dengan Anda atau mereka yang menargetkan audiens yang serupa. Pertimbangkan untuk melihat siapa kompetitor utama mereka dan buatlah daftar. 

  1. Cari tahu siapa pembuka jalan dalam industri Anda
  2. Identifikasi pesaing yang sering muncul dalam pencarian online
  3. Perhatikan siapa yang diikuti dan dibahas oleh audiens Anda di media sosial

Menganalisis Strategi Online Mereka 

Setelah kompetitor berhasil diidentifikasi, langkah berikutnya adalah melakukan analisis mendalam tentang cara mereka menjalankan strategi online-nya. Hal-hal yang perlu dibandingkan bisa beragam, mulai dari penggunaan keyword SEO, desain website, hingga strategi promosi dan pemasaran mereka. Anda harus memahami apa yang membuat strategi mereka berhasil dan di mana mereka menemui hambatan. 

Membuat Analisis SWOT 

Analisis SWOT, yaitu Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threat (Ancaman), dapat membantu Anda untuk lebih memahami posisi bisnis Anda dibandingkan para kompetitor. Dengan menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman), Anda dapat memahami bagaimana cara terbaik mendapatkan keunggulan kompetitif. 

Membuat Rencana Strategis 

Setelah semua data dikumpulkan, analisis dilakukan, tiba saatnya untuk merumuskan strategi Anda sendiri. Pastikan untuk mengimplementasikan pelajaran yang sudah dipelajari dan mengadopsi praktik terbaik dari kompetitor, namun juga menjunjung tinggi keunikan dari bisnis Anda sendiri.. 

Proses ini bisa menjadi sangat rumit, namun sangat penting untuk kesuksesan bisnis online Anda. Dengan analisis kompetitor yang efektif, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai pasar Anda dan bagaimana cara terbaik bersaing di dalamnya.

Membaca Umpan Balik Pelanggan tentang Kompetitor

Mengamati dan memahami umpan balik pelanggan tentang kompetitor bisa menjadi sumber informasi yang sangat berharga. Pelanggan sering kali menyuarakan pendapat mereka tentang produk atau layanan sebuah perusahaan, baik itu positif maupun negatif. Dengan membaca dan menganalisis umpan balik ini, kita dapat memahami apa saja yang membuat pelanggan puas atau tidak puas dan bagaimana kita dapat menyesuaikan strategi bisnis online kita untuk lebih unggul. 

Tetapi bagaimana cara kita melakukan ini dengan efektif? 

  1. Manfaatkan platform review. Mulailah dengan melihat situs ulasan seperti Google Review, Yelp, dan lainnya. Baca semua ulasan yang relevan dan catat temuan penting.
  2. Perhatikan di media sosial. Pelanggan seringkali berbagi pengalaman mereka di media sosial. Manfaatkan ini untuk memahami persepsi mereka terhadap brand atau produk kompetitor.
  3. Audit website kompetitor. Lihatlah bagaimana kompetitor memanfaatkan testimonial atau ulasan pelanggan mereka di situs web mereka. Hal ini dapat membantu Anda memahami apa yang dianggap penting oleh kompetitor Anda.

Tetapi perlu diingat, jangan sekadar melihat negatifnya saja. Selalu cari juga hal positif atau metode yang efektif dari kompetitor yang dapat kita pelajari dan mungkin kita terapkan. 

Mencari Data Kompetitor yang Relevan

Untuk melakukan analisis kompetitor yang efektif untuk memperkuat posisi bisnis online Anda, mendapatkan data yang akurat dan relevan mengenai kompetitor adalah hal yang krusial. Pada tahap ini, Anda perlu mengumpulkan berbagai data yang berkaitan dengan performa kompetitor, seperti lalu lintas situs web, demografi pengunjung, rangking kata kunci, investasi iklan, ulasan produk, dan reputasi brand. 

  • Lalu lintas situs web: Menggunakan alat analitik web, seperti Google Analytics atau SimilarWeb, Anda dapat memantau jumlah, sumber, dan jenis lalu lintas yang kompetitor Anda terima untuk mendapatkan gambaran tentang popularitas mereka.
  • Demografi pengunjung: Mengetahui karakteristik demografi pengunjung situs kompetitor bisa sangat berguna untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pasar sasaran mereka.
  • Rangking kata kunci: Alat SEO seperti Ahrefs atau SEMrush dapat digunakan untuk mengidentifikasi kata kunci mana yang berhasil membawa trafik ke situs web kompetitor.
  • Investasi iklan: Alat seperti Adbeat atau WhatRunsWhere bisa memberi gambaran tentang investasi iklan kompetitor dan strategi iklan mereka.
  • Ulasan produk: Ulasan produk kompetitor dapat memberikan wawasan berharga tentang apa yang disukai dan tidak disukai konsumen tentang produk atau layanan mereka.
  • Reputasi brand: Media sosial dan platform ulasan online bisa menjadi sumber yang bagus untuk memahami reputasi brand kompetitor.

Akhirnya, berkumpulnya data kompetitor ini akan menjadi fondasi analisis kompetitor Anda, memberikan wawasan berharga yang dapat Anda gunakan untuk perbaikan dan perkembangan bisnis online Anda.

Read also : Panduan Menggunakan Ads Manager untuk Meningkatkan Jangkauan Bisnis

Reference : https://qontak.com/blog/cara-membuat-analisis-kompetitor/

Related Articles

YG Entertainment selama ini terkenal sebagai perusahan hiburan yang menaungi sejumlah artis K-Pop, seperti Big Bang. Saat ini juga terkenal..
Ada banyak ide bisnis terbaru yang bermunculan dalam dua hingga tiga tahun belakangan. Hal itu mungkin membuat Anda sulit untuk..
Selamat datang, investor pemula! Apakah Anda pernah berpikir bahwa investasi adalah hal yang harus dilakukan hanya dengan modal besar? Jika..
Bisnis internet tanpa modal bisa menjadi pilihan anda sembari menunggu waktu wisuda ataupun menunggu panggilan kerja atau mungkin bisa jadi..
Peran digital marketing di era Pandemi Covid-19 sangat penting. Kelebihan digital marketing mampu membantu masyarakat dalam melakukan kebiasaan baru. Mulai..