Menjadi Marketer: Alternatif kerja sampingan online tanpa modal

kerja sampingan online tanpa modal

Apakah kamu ingin mencari tahu mengenai kerja sampingan tanpa modal yang bisa kamu lakukan dimanapun dan kapanpun? Dengan menjadi marketer, kamu bisa memulai bisnis tanpa modal. Modal yang mungkin kamu butuhkan hanyalah smartphone dan kuota internet. 

Marketer adalah orang yang memiliki peran untuk melakukan promosi terhadap suatu barang ke masyarakat. Bentuk promosi yang biasanya dilakukan adalah dengan melalui sosial media. Dengan melakukan promosi melalui sosial media, tidak hanya mudah dan praktis karena mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat, tetapi juga gratis karena tidak dibebankan biaya apapun. Kecuali jika kamu ingin menggunakan iklan melalui sosial media yang kamu jadikan target pemasaran, seperti Facebook dan Instagram. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang menjadi marketer. 

 

Dimana Mencarinya?

Untuk melakukan kerja sampingan online tanpa modal dengan menjadi marketer, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu ke pemilik bisnis yang usahanya ingin dipromosikan. Biasanya si pemilik bisnis tersebut akan melakukan open recruitment marketer yang bisa membantu mereka untuk memasarkan dagangannya.

Tidak jarang mereka melakukan pembukaan pendaftaran untuk menjadi marketer mereka dengan memberikan postingan melalui grup-grup jual beli atau grup-grup bisnis yang ada di Facebook. Melalui ini, kamu bisa mulai mencari info mengenai pendaftaran marketer. Selain itu, untuk menjadi marketer, biasanya si pemilik bisnis tidak akan membebani biaya apapun terhadap si pendaftar.

 

Apa saja syarat-syaratnya?

Jika kamu ingin menjadi marketer, sebenarnya tidak ada syarat-syarat sulit yang harus kamu penuhi. Biasanya sang pemilik bisnis hanya mensyaratkan si calon pendaftar untuk memiliki kemauan kuat dalam memasarkan bisnisnya, serta memiliki gadget dan kuota internet yang memadai untuk melakukan pemasaran online.

Selain itu, biasanya pemilik bisnis jarang sekali memberikan syarat-syarat yang lebih sulit dari itu. Nah, untuk menjadi marketer juga kamu biasanya tidak akan melalui proses rekrutmen yang sulit, bahkan biasanya ketika kamu sudah menunjukkan ketertarikan untuk menjadi marketer terhadap suatu produk, sang pemilik bisnis langsung akan menerimamu dengan senang hati dan berharap agar kamu bisa membantunya dalam mempromosikan produknya secara online.

 

Apa yang harus dilakukan sebagai marketer?

Umumnya, setelah kamu diterima menjadi seorang marketer, kamu akan diberikan file-file yang berisikan materi produk-produk yang akan kamu promosikan melalui akun sosial media kamu. File-file ini bisa berupa foto-foto produk, konten materi promosi, video mengenai produk, dan lain sebagainya. Sehingga, kamu tidak perlu pusing-pusing untuk membuat bahan iklan terhadap produk yang akan kamu promosikan. Hal ini karena semuanya sudah disiapkan oleh sang pemilik bisnis. Kamu bahkan tidak perli membeli produk yang akan kamu promosikan. Setelah diberikan materi oleh pemilik usaha, kamu bisa langsung melancarkan aksimu untuk melakukan pemasaran online.

Nah dalam melakukan pemasaran ini, jika kamu mendapatkan pelanggan yang berpotensi untuk membeli barang dagangan yang kamu promosikan, kamu bisa segera mengarahkan pelanggan tersebut ke kontak sang pemilik bisnis. Mudah bukan? Apakah menurutmu menjadi marketer bisa kamu jadikan opsi kerja sampingan online tanpa modal?