Meningkatkan Penjualan
3 Strategi Harga Pasar untuk Meningkatkan Penjualan Online

Berada di era digital, penentuan harga produk online telah menjadi seni dan ilmu tersendiri. Menetapkan harga yang tepat dapat membuat suatu produk memancing minat lebih banyak pelanggan dan pada akhirnya meningkatkan penjualan. Tetapi, bagaimana cara menentukan harga yang efektif untuk produk online? Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai strategi penentuan harga yang efektif untuk produk online. 

Strategi Harga Pasar untuk Meningkatkan Penjualan Online

Memahami Psikologi Konsumen

Mengerti psikologi konsumen sangat penting dalam menetapkan harga produk online. Bagaimanapun juga, harga sering kali menjadi pertimbangan utama konsumen dalam melakukan pembelian. Untuk itu, Anda perlu memahami apa saja yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap harga. 

  • Penentuan harga berdasarkan nilai: Konsumen cenderung membandingkan nilai yang mereka dapatkan dengan harga yang mereka bayar. Jadi, jika Anda bisa menunjukkan bahwa produk Anda menawarkan nilai yang lebih baik dibandingkan pesaing, Anda mungkin bisa menetapkan harga lebih tinggi.
  • Penentuan harga psikologis: Teknik penentuan harga seperti .99 sering digunakan untuk membuat harga tampak lebih rendah. Metode ini memanfaatkan psikologi konsumen yang cenderung membulatkan ke bawah dan melihat angka tersebut lebih murah.
  • Penentuan harga berdasarkan pelanggan reguler: Penentuan harga jelang akhir bulan atau pada awal bulan, saat gaji datang, dapat membantu meningkatkan penjualan.

Selain itu, pastikan untuk selalu berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Ini bisa melalui survei atau wawancara untuk memahami apa yang mereka nilai dari suatu produk dan berapa banyak yang mereka mau bayar. 

Penyusunan Strategi Penentuan Harga 

Selanjutnya, Anda perlu menyusun strategi penentuan harga yang efektif. Berikut adalah beberapa aspek yang harus diperhatikan: 

  1. Mempertimbangkan biaya produksi: Ini termasuk biaya bahan, tenaga kerja, dan lainnya. Harga Anda harus mampu menutupi biaya ini dan masih memberikan keuntungan.
  2. Memahami pasar dan pesaing: Cari tahu berapa harga yang ditetapkan oleh pesaing Anda dan apa yang membuat produk Anda berbeda. Tanyakan pada diri Anda, “Mengapa pelanggan harus memilih produk Anda?”
  3. Menyesuaikan dengan permintaan: Jika permintaan tinggi dan penawaran rendah, memungkinkan Anda untuk menaikkan harga. Sebaliknya, jika permintaan rendah, Anda mungkin perlu menurunkan harga.

Dengan pemahaman yang baik tentang konsumen dan menyusun strategi yang tepat, Anda bisa menetapkan harga yang kompetitif dan menarik bagi pelanggan. 

Melakukan Tes A/B 

Pada akhirnya, tidak ada strategi penentuan harga yang pasti berhasil. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan tes A/B pada harga Anda. Dengan cara ini, Anda dapat melihat reaksi pelanggan terhadap harga yang berbeda dan menemukan titik harga yang ideal. 

Cobalah lihat perbedaan penjualan Anda antara harga A dan harga B untuk produk yang sama. Ini akan memberi gambaran tentang apa yang terjadi di lapangan dan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan strategi Anda sesuai dengan kebutuhan pasar.

Menentukan Harga yang Kompetitif

Dalam dunia bisnis online, kompetisi adalah hal yang tidak dapat dihindari. Untuk itulah, menentukan harga yang kompetitif menjadi penting artinya. Tetapi bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba: 

  • Pahami pembeli Anda: Pertama, Anda harus mengenal pembeli Anda. Siapa mereka? Apa kebutuhan dan harapannya? Dengan memahami pembeli, Anda bisa menentukan harga yang sesuai dengan mereka.
  • Analisis kompetisi: Selanjutnya, Anda harus mengetahui harga yang ditawarkan oleh pesaing Anda. Dengan membandingkan, Anda bisa menentukan harga yang lebih kompetitif.
  • Pertimbangkan biaya produksi: Jangan sampai harga jual Anda lebih rendah dari biaya produksi. Selain itu, jangan lupa mempertimbangkan biaya lain seperti biaya pengiriman dan biaya promosi.

Teknik Penentuan Harga Kompetitif 

Menerapkan teknik penentuan harga yang tepat juga sangat penting. Berikut adalah beberapa teknik yang bisa Anda pilih: 

  1. Penentuan Harga Berdasarkan Biaya: Teknik ini melibatkan penambahan margin kecil ke biaya produksi untuk menentukan harga jual. Ini adalah metode yang paling sederhana dan sering digunakan untuk menentukan harga kompetitif.
  2. Penentuan Harga Berdasarkan Nilai: Metode ini mengatur harga berdasarkan nilai produk yang ditawarkan kepada konsumen. Nilai ini bisa berupa kualitas, merek, desain, dan lainnya.
  3. Penentuan Harga Berdasarkan Pasar: Harga produk ditentukan berdasarkan harga rata-rata yang berlaku di pasar. Metode ini biasanya digunakan jika produk yang Anda tawarkan memiliki banyak kompetitor dengan produk serupa.

Masing-masing dari teknik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Oleh karena itu, pilihlah teknik yang paling sesuai dengan kondisi dan strategi bisnis Anda. 

Monitor dan Evaluasi Harga 

Ketika Anda telah menetapkan harga, bukan berarti pekerjaan Anda selesai. Anda perlu memonitor dan mengevaluasi harga secara berkala. Pasar online merupakan pasar yang dinamis. Harga bisa berubah kapan saja tergantung pada permintaan dan penawaran. Oleh karena itu, Anda harus siap untuk melakukan penyesuaian harga jika diperlukan. 

Strategi Penentuan Harga Berdasarkan Tujuan Bisnis

Jika tujuan bisnis Anda adalah untuk mendorong pembelian berulang dan membangun loyalitas pelanggan, pertimbangkan pendekatan penentuan harga berorientasi hubungan, seperti diskon untuk pelanggan setia atau penawaran bundel produk. Di sisi lain, jika tujuan Anda adalah meningkatkan keuntungan dalam jangka pendek, penentuan harga berorientasi keuntungan mungkin lebih cocok. Pendekatan ini bisa meliputi strategi seperti peningkatan harga pada produk premium atau strategi penetapan harga mati rasa. 

Namun, berpatok pada jangka pendek dapat merugikan dalam jangka panjang. Anda harus selalu menimbang dampak jangka panjang dari strategi penetapan harga Anda. 

  • Pertimbangkan dampak penetapan harga terhadap citra merek Anda. Harga rendah bisa memberikan kesan bahwa kualitas produk Anda rendah, sedangkan harga tinggi bisa membuat produk Anda terlihat lebih mewah.
  • Perhatikan bagaimana pesaing Anda menentukan harga. Jika Anda menetapkan harga lebih tinggi, pastikan Anda dapat membuktikan bahwa produk Anda memiliki kualitas lebih baik. Jika Anda menetapkan harga lebih rendah, pastikan Anda masih bisa menghasilkan keuntungan.
  • Pahami bagaimana konsumen menganggap nilai. Mereka mungkin bersedia membayar lebih untuk produk yang mereka percepat, bahkan jika harga itu lebih tinggi dari pesaing.

Itulah sebabnya, penting untuk tetap fleksibel dan mau beradaptasi. Jangan takut untuk bereksperimen dengan strategi penentuan harga yang berbeda dan lihat bagaimana pelanggan dan pasar merespons.

Memadukan Tujuan Bisnis dan Tujuan Pelanggan 

Jika tujuan bisnis Anda adalah untuk menargetkan segmen pasar khusus, Anda mungkin perlu mempertimbangkan preferensi harga mereka. Misalnya, jika Anda menargetkan konsumen muda yang lebih peduli tentang harga daripada kualitas, penentuan harga yang berorientasi pada volume mungkin lebih efektif. 

Pada akhirnya, strategi penentuan harga yang efektif adalah salah satu yang mempertimbangkan tujuan bisnis Anda dan juga preferensi pelanggan Anda.

Peran Teknologi dalam Strategi Penentuan Harga 

Dengan kemajuan teknologi, ada semakin banyak alat dan teknik yang dapat membantu Anda membuat keputusan penentuan harga yang lebih baik. Misalnya, Anda bisa menggunakan analisis data untuk memahami perilaku pembelian pelanggan dan penentuan harga pesaing. Anda juga bisa menggunakan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk otomatisasi dan pengoptimalan harga. 

Sangat penting untuk tetap mengupdate diri dengan perkembangan terbaru dalam teknologi dan bagaimana teknologi ini dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.

Read also : Affiliate Marketing sebagai Strategi Pemasaran Online

Reference : https://kasirpintar.co.id/blog/2021/12/31/penetapan-harga/

Related Articles

Bisnis online tanpa modal menjadi salah satu dari sekian banyak bisnis yang diminati. Bukan suatu hal yang mustahil, karena hal..
Selamat datang di panduan lengkap kami tentang cara menjadi affiliate Shopee! Apakah Anda orang yang selalu bersemangat untuk mencoba hal-hal..
Membangun bisnis tidaklah mudah. Sebuah penjualan yang bagus, tentunya, adalah pilar penting dari suatu bisnis. Bagaimana Anda bisa mengubah traffic..
Semakin canggihnya teknologi di era industri 4.0, semakin banyak dan berkembang pula bisnis yang menjanjikan, salah satunya adalah bisnis online...
Selain kerja kantoran, Anda juga harus mencoba untuk berbisnis, salah satunya bisnis online shop tanpa modal. Saat ini semakin banyak..