Mengenal Digital Marketing Lebih Jauh

digital marketing adalah

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing merupakan aktivitas promosi sebuah merk (brand) atau produk dengan menggunakan berbagai media digital yang ada misalnya internet. Di Indonesia, digital marketing dikenal sebagai pemasaran digital. Beberapa tahun yang lalu, media digital marketing sangat terbatas, sebut saja televisi atau radio, mereka hanya dapat menyampaikan informasi secara satu arah.

Seiring perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat, digital marketing menjadi sangat populer di kalangan pebisnis. Dengan banyaknya orang yang menggunakan internet di seluruh dunia, digital marketing dianggap menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk memasarkan sebuah brand atau produk. Selain itu, internet juga menjadi market place tersendiri bagi para pebisnis.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah:

  • Periklanan online – FB ads, Adwords, dll.
  • SEO – Search Engine Optimization
  • Email marketing
  • Iklan televise & radio
  • Mobile marketing
  • Billboard elektronik (video tron)
  • Dan sebagainya.

 

Cara Memulai Digital Marketing

Jika kita berbicara mengenai digital marketing, sebagaimana yang sudah di ulas diatas, spectrum ini sangatlah luas. Oleh karena itu, penting bagi seorang digital marketer untuk mengetahui teknik dan resource yang dibutuhkan oleh perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik.

Salah satu elemen yang penting dalam digital marketing adalah aset. Kenali aset digital yang anda miliki lalu mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja. Beberapa aset dalam digital marketing seperti:

  • Postingan blog
  • Website
  • Jejak online (review/ feedback dari pelanggan dll.)
  • Identitas brand (logo, company profile)
  • Akun media social

Jika anda telah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand atau produk yang anda miliki. Semisal untuk website dan blog bisnis, tulislah artikel secara berkala untuk membuat pelanggan anda tertarik. Jika melalui social media, maka buatlah foto atau video pendek yang menarik.

Hal lain yang lumayan penting ialah jika anda aktif dalam forum atau marketplace publik, usahakanlah profil usaha anda memiliki rating dan review yang baik dari para pelanggan karena hal tersebut menjadi salah satu tanda bahwa citra brand yang anda miliki itu bagus atau tidak di dunia maya.

 

Jika anda sudah mulai paham mengenai digital marketing, ada baiknya jika anda juga tahu komponen pengeluaran serta harga digital marketing sebagai acuan dasar.

 

Jenis-jenis Digital Marketing

 

  1. Social Media Marketing

Pengguna sosial media yang terus meningkat setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan seperti sarana komunikasi, berkumpulnya komunitas dan untuk mencari informasi, kini dapat lebih dioptimalkan pengusaha sebagai sarana promosi bisnis yang mereka rintis.

Adanya platform social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Linkedin, dan sebagainya, membuat penyebaran informasi jadi lebih cepat serta dapat menjangkau lebih banyak orang. Selain itu, social media marketing juga digemari oleh kebanyakan orang karena menggunakan biaya yang minim bahkan gratis.

Selain dapat meningkatkan brand perusahaan, social media juga dimanfaatkan untuk komunikasi dan interaksi antara perusahaan dan konsumen.

 

  1. Website

Saat ini, website merupakan persyaratan paling penting untuk menang dalam persaingan digital. Data menunjukkan bahwa 97%  konsumen mencari produk bahkan jasa yang akan digunakan lewat internet.

70% orang mencari perbandingan harga maupun fitur yang ditawarkan oleh produk atau jasa sejenis. Bahkan 88% nya memiliki keputusan untuk membeli produk tersebut setelah membaca review dan service nya.

Website juga dikatakan sebagai “toko digital” bagi bisnis anda yang bahkan bisa menggantikan keberadaan toko fisik maupun tenaga penjualan konvensional. Adapun peran utama dari website dalam mengembangkan perusahaan anda adalah sebagai berikut:

  • Sebagai “Sales Representative” 24 jam.
  • Membuktikan profesionalisme perusahaan anda.
  • Media promosi yang lebih hemat biaya serta lebih efektif.
  • Media penjualan produk atau jasa anda jadi lebih mudah.
  • Membantu customer untuk memahami produk atau jasa anda.

 

  1. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing adalah usaha untuk membuat website milik perusahaan anda mudah ditemukan dalam mesin pencarian sejenis google. Agar bisa berada di halaman pertama mesin pencari sekelas google, dibutuhkan waktu yang lumayan lama dan tentunya dibutuhkan teknik khusus untuk menerapkannya.

Search Engine Marketing pun ada dua kategori yaitu kategori organik dan non-organik. Kategori organik disebut dengan Search Engine Optimization (SEO) yang relatif lebih murah dan bahkan bisa dilakukan sendiri dengan gratis. Tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama karena peruntukannya sebagai investasi jangka panjang.

Sedangkan Search Engine Marketing (SEM) yang berbayar dapat membuat website anda berada di posisi teratas google dengan waktu yang singkat. Berikut ini adalah contoh perbedaan dari SEO dan SEM pada mesin pencarian google.

 

  1. Email Marketing

Saat anda sudah membuat daftar subscriber dari website, maka email marketing merupakan langkah promosi tahap lanjutan untuk menjaga calon pelanggan tersebut dan membuat mereka menjadi tertarik untuk membeli produk dan jasa anda.

Dengan email marketing, anda dapat membagikan informasi terbaru seputar program promosi yang sedang berjalan, maupun mengenalkan produk atau jasa anda yang baru. Email marketing juga membuat pelanggan anda tidak ketinggalan informasi mengenai perusahaan anda seperti kegiatan dan berita terbaru.

 

  1. Video Marketing

Cara lain yang lebih efektif untuk menyampaikan informasi mengenai produk dan jasa perusahaan anda adalah menggunakan video marketing. Video marketing menjadi promosi yang paling efektif karena dapat memuat banyak informasi dengan cara yang menarik dan mudah untuk diingat.

Video marketing dapat dibuat dengan format nyata dan animasi 2D bahkan 3D. Hal itu dapat bermanfaat dalam berbagai hal diantaranya:

  • Menjelaskan cara kerja produk dan dan pengaplikasiannya.
  • Menampilkan testimonial pelanggan dan review dari mereka terhadap bisnis anda.
  • Sebagai media kreatif untuk mempromosikan produk atau jasa anda.
  • Sebagai Video Company Profile yang memberitahukan tentang bisnis anda.

 

  1. Online Advertising

Yang dimaksud dengan online advertising adalah media promosi atau periklanan lewat internet dengan cara berbayar. Online advertising sendiri mempunyai beberapa pilihan beragam yang sesuai dengan kebutuhan anda, seperti Social Media Advertising, Display Advertising, Youtube Advertising, PPC, dan masih banyak lagi.

Walau tingkat keberhasilan penjualan dengan cara ini lebih memuaskan karena anda bisa mengatur target konsumen yang melihat iklan tersebut, pilihan untuk melakukan online advertising terbilang jauh lebih mahal walau cenderung terjangkau jika dibandingkan dengan media promosi luar ruangan (Out of Home Media) seperti Signage, Booth, Billboard, dan media iklan televisi.

 

Keuntungan dan Kelemahan Digital Marketing

Dalam dunia usaha, siapa saja yang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman maka akan tertinggal semakin jauh, bahkan bisa saja usahanya bangkrut. Sama seperti pemanfaatan teknologi yang ada, karena saat ini sudah masuk pada era digital untuk langkah bisnis online bagi pemula sangatlah mudah, maka setiap pengusaha harus mengikuti arus digital ini.

 

Digital marketing memiliki banyak keuntungan bagi pihak pengusaha, contohnya seperti:

  • Menghasilkan tingkat penjualan yang lebih tinggi.
  • Biaya digital marketing jauh lebih hemat dibandingkan biaya iklan di media lain.
  • Mampu menghubungkan produsen dengan konsumen lewat internet.
  • Membantu menstabilkan posisi sebuah merk/ brand di mata konsumen dari pesaing.
  • Membantu para pengusaha mikro agar dapat bersaing dengan perusahaan makro.
  • Memberikan kesempatan yang lebih luas pada pengusaha untuk melakukan branding terhadap produknya sehingga dikenal dan mendapatkan tempat di hati masyarakat.

 

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun digital marketing juga memiliki kelemahan seperti:

  • Digital marketing bergantung sekali terhadap teknologi.
  • Konsep pemasaran online mudah ditiru oleh orang lain.
  • Jika ada reaksi balik negatif dari konsumen dapat merusak reputasi perusahaan dengan cepat.
  • Belum semua kalangan mengetahui internet.
  • Ada berbagai produk tertentu yang jika dipasarkan melalui media online belum tentu cocok.
  • Era e-commerce memunculkan banyak pesaing, karena sudah tidak ada lagi batasan teritori yang dapat menghambat sebuah perusahaan memasarkan produknya.

 

Sekian penjelasan mengenai digital marketing, cara memulainya, jenis-jenis, dan keunggulan serta kelemahannya. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *