Memulai Bisnis Tanpa Modal dan Menguntungkan, Apakah Bisa?

memulai bisnis tanpa modal

Memulai bisnis tanpa modal barangkali merupakan ide yang terdengar gila dan bahkan mustahil. Sebab, bagaimana bisa bisnis dimulai tanpa adanya modal sepeserpun? Apalagi jika memikirkan soal bisnis mudah tanpa modal, namun dengan keuntungan yang besar.

Oke, Anda mungkin sudah menemukan begitu banyak iklan, iming-iming, atau tawaran untuk memulai bisnis mudah dan murah yang konon tidak butuh modal sama sekali. Contohnya bisnis online dengan menjadi dropshipper atau penulis untuk blog maupun website milik orang lain. Apabila diamati sekilas jenis dan model kerja atau bisnisnya, memang 100 persen terdengar seperti ide bisnis tanpa modal. Akan tetapi, apakah benar demikian?

Rupanya tidak, karena dalam operasional atau menjalankan pekerjaannya, berbagai ide bisnis tanpa modal, termasuk pekerjaan atau kerja sampingan online tanpa modal, nyatanya tetap mengharuskan pelakunya untuk mengeluarkan biaya. Hanya saja, besar biayanya memang tidak sampai sebesar bisnis pada umumnya. Barangkali, karena alasan inilah berbagai ide bisnis tersebut dipasarkan sebagai bisnis yang tidak membutuhkan modal sama sekali untuk keperluan marketing.

Jadi, pada dasarnya, Anda tidak bisa sepenuhnya memulai bisnis tanpa modal karena pasti ada biaya-biaya modal yang perlu dikeluarkan, meskipun jumlahnya tidak besar. Untuk penjelasan lebih lengkap, Anda bisa simak ulasan berikut ini tentang berbagai ide bisnis dengan modal minim yang bisa Anda jalankan, bahkan sebagai usaha atau pekerjaan sampingan, baik secara online maupun offline.

Selamat membaca!

 

Ide untuk Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

  1. Menjadi penulis lepas.

Menjadi seorang penulis lepas atau freelance writer merupakan salah satu contoh usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa Anda kerjakan dari rumah atau dari mana saja. Profesi ini sangat mengandalkan internet, sehingga Anda tidak perlu ngantor untuk menjadi seorang penulis lepas.

Karena itu, dalam menjalankan pekerjaan sebagai penulis lepas, Anda hanya membutuhkan koneksi internet. Sedangkan untuk menulis, Anda bisa gunakan laptop. Biasanya, penulis lepas bekerja berdasarkan request dari klien mereka, yaitu para pemilik website atau blog yang ingin dibuatkan konten tulisan untuk website atau blog mereka. Imbalan berupa fee menulis akan dibayarkan pada periode yang sudah disepakati. Misalnya tiap bulan atau tiap batch selesai – bisa jadi setelah 10 artikel, 20 artikel, atau  5 artikel saja, sesuai dengan jumlah yang diminta klien.

Apabila biaya untuk berlangganan internet serta berbagai fasilitas pendukung lainnya saat Anda bekerja sebagai penulis lepas tidak begitu signifikan dan tidak Anda anggap sebagai biaya, tentu profesi ini merupakan salah satu cara kerja online tanpa modal yang bisa Anda pertimbangkan, kan? Jadi, bagaimana menurut Anda, apakah tertarik menjajal bekerja secara online sebagai penulis lepas?

 

  1. Menjual produk milik orang lain.

Reseller adalah pekerjaan di mana seseorang menjual kembali produk yang ia dapatkan dari orang lain. Dengan begitu, Anda bisa langsung berjualan tanpa harus memikirkan harus membuat atau memproduksi produk Anda sendiri. Cara berjualannya sendiri bisa dilakukan baik secara online maupun offline.

Hanya saja, jika Anda menjadi reseller, Anda tidak bisa memulainya sebagai pekerjaan tanpa modal. Sebab, Anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli barang-barang dari supplier atau pabrik, dan biasanya dalam jumlah yang sudah ditentukan. 

Memang benar bahwa harga yang Anda peroleh dari supplier jauh lebih murah karena dengan begitu Anda bisa menaikkan harganya sesuai harga pasaran untuk mendapatkan keuntungan. Tapi, karena saat ini kita tengah membahas ide untuk memulai bisnis tanpa modal, apakah bisa menjadi reseller tanpa mengeluarkan biaya?

Tenang saja, karena jawabannya pasti ada, kok. Hanya saja, nama yang digunakan berbeda, yaitu dropship, alias menjadi dropshipper. Singkatnya, dropshipper adalah reseller yang tidak butuh modal besar karena Anda nantinya tidak perlu membeli barang sebagai stok persediaan di toko dari pabrik atau supplier. Hmm, kalau begitu, bagaimana sistem kerjanya?

Kita ambil contoh kasus dalam menjadi reseller baju tanpa modal alias dropshipper pakaian. Sebagai dropshipper, Anda biasanya perlu mendaftarkan diri ke pihak pabrik atau supplier, meskipun cara ini tak selalu perlu dilakukan, terutama jika Anda menjadi dropshipper lewat produk yang dibeli dari marketplace online.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan katalog barang berupa foto yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu media promosi bagi para calon pembeli Anda. Karena itu, para dropshipper biasa berjualan menggunakan website atau media sosial agar bisa memajang foto-foto produk di “etalase” mereka

Kemudian, ketika terjadi transaksi penjualan, Anda sebagai dropshipper akan menerima pembayaran dari pembeli. Nah, sebagian dari pembayaran tersebut akan diteruskan ke supplier atau pabrik sesuai dengan harga barang yang mereka patok, sementara sisanya langsung masuk ke dalam kantong Anda sebagai keuntungan. Pengiriman barangnya akan di-handle langsung oleh supplier, sehingga Anda tidak perlu memikirkan urusan packing. 

Bagaimana, ide bisnis internet tanpa modal besar yang satu ini sangat mudah, kan? Karenanya, tak heran kalau banyak yang memasarkan bisnis online shop tanpa modal besar sebagai dropshipper karena kemudahan dan kepraktisannya.

 

  1. Menjadi agen atau broker.

Apakah Anda memiliki kemampuan berkomunikasi untuk negosiasi dan pemasaran yang baik? Kalau iya, manfaatkan kemampuan Anda tersebut sebagai modal utama bisnis maupun pekerjaan sampingan Anda – termasuk secara online – sebagai seorang agen atau broker. Contohnya menjadi agen penjual properti dengan keuntungan yang diperoleh dari dua pihak: pemilik properti dan pembeli properti.

Biasanya, keuntungan dari pemilik properti diberikan dalam bentuk tip jika Anda telah sukses membantu menjualkan properti yang ia miliki. Sementara itu, tip dari pembeli properti diberikan kepada agen atau broker yang telah membantunya menemukan properti yang dibutuhkan.

Apabila Anda merasa bahwa waktu serta biaya operasional sebagai seorang agen atau broker bukanlah modal yang besar atau signifikan, Anda bisa mempertimbangkan ide ini sebagai sebuah cara usaha online tanpa modal. Apalagi, keahlian Anda dalam bernegosiasi dan memasarkan properti dirasa sebagai modal yang jauh lebih “mahal”.

 

  1. Bisakah menjual “jasa” secara online tanpa modal?

Sebenarnya, jika Anda simak ulasan sebelumnya, beberapa ide memulai bisnis tanpa modal yang telah dibahas merupakan ide bisnis yang menawarkan jasa, lho – penulis lepas dan agen. Meski begitu, masih ada berbagai ide bisnis jasa lainnya yang dapat Anda jalankan secara online.

Tentunya, ide-ide tersebut tetap membutuhkan modal dan biaya untuk bisa mulai dijalankan dan dilangsungkan. Meski demikian, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, modalnya relatif lebih kecil dibandingkan bisnis kebanyakan, sehingga tak jarang bisa dimulai sebagai bisnis pribadi atau usaha kecil yang dijalankan bersama teman-teman terdekat. Contohnya jasa SEO, jasa pembuatan website, jasa penerjemah bahasa asing, jasa admin media sosial, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa ide dan ulasan singkat tentang memulai bisnis tanpa modal besar yang bisa Anda lakukan untuk usaha Anda, baik usaha utama maupun sampingan. Mana ide yang paling menarik untuk Anda?