Langkah-Langkah untuk Mendapatkan Aged Domain Murah

aged domain murah

Aged domain murah bukan berarti benar-benar murah, melainkan tergantung dari bagaimana Anda menemukannya. Sebab jika melihat dari sudut pandang awam, harga aged domain sebenarnya tidak ada yang semurah fresh domain. Bahkan harga minimalnya biasanya mulai Rp1 jutaan.

Sebelumnya, Anda harus tahu dari mana asal aged domain ini. Yang jelas, tentu bukan dengan cara ‘mencuri’ dari orang lain. Melainkan ini adalah jenis domain yang sudah dibuang oleh pemilik lamanya. Penyebabnya beragam, bisa karena lupa diperpanjang atau dibiarkan saja karena terkena penalti dari Google.

Lantas mengapa harganya bisa sangat mahal? Sebab, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan aged domain. Terutama untuk melakukan link buildings sebuah situs. Akan tetapi, menemukan aged domain atau expired domain yang sesuai harapan tidaklah mudah.

Ada proses yang panjang dan butuh kesabaran. Berikut ini adalah penjelasan tentang langkah-langkah mencari aged domain dengan bersenjatakan beberapa tools.

 

Tips Menemukan Aged Domain Murah Namun Berkualitas

 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar aged domain murah yang mempunyai matrik tertinggi. Tools yang bisa Anda gunakan secara gratis tersedia di situs ExpiredDomains.net. Kali ini kita ambil contoh menggunakan parameter TF dan CF.

  • Langkah pertama, silakan buat akun terlebih dahulu, lalu login ke situs tersebut. Setelah itu masuk ke menu Marketplace dan klik tab manapun sesuai yang Anda cari. Misalnya Anda memilih kategori GD Expired.
  • Kemudian klik Show Filter dan pilih tab Majestic. Isi CF minimal 20 dan TF minimal 25. Jika filter ini diset dengan angka yang lebih besar, hasil pencariannya akan lebih sedikit. Setelah itu klik Apply Filter.
  • Akan muncul hasil penyaringan aged domain murah yang Anda inginkan. Klik save as textfile untuk menyimpan daftar tersebut. Nantinya, domain-domain tersebut Anda ambil backlink profile-nya.
  • Dari daftar yang dapatkan, sebenarnya bisa digunakan seluruhnya. Tetapi coba ambil salah satu contoh domain saja untuk dicari backlink profile-nya.

 

Cara Menemukan Backlink Profile

Ini adalah langkah lanjutan dari sebelumnya. Tools yang akan Anda pakai berbeda dengan sebelumnya. Bisa menggunakan Majestic atau Link Explorer dari MOZ. Namun kita coba gunakan Majestic.

  • Daftar atau login untuk masuk ke Majestik. Lalu Anda tuliskan aged domain yang Anda ingin cari backlink profile-nya itu melalui Search, lalu pilih tab Backlinks.
  • Klik All agar daftar backlink ditampilkan semuanya. Lalu klik Export Data, (disarankan ke dalam format excel) supaya Anda lebih mudah mengurutkan kualitas backlink berdasarkan nilai TF.
  • Salin kolom Source URLs dengan nilai TF minimal 20.

 

Menggunakan Tools TLDrop

Langkahnya memang cukup pajang, namun Anda telah sampai pada tahapan yang terakhir untuk menemukan aged domain murah berkualitas. Kali ini kita akan menggunakan tools bernama TLDrop.

Bila memungkinkan, sebaiknya lakukan seluruh proses pencarian aged domain ini menggunakan VPS atau RDP agar lebih cepat. Kemudian ikuti tata cara berikut ini:

  • Pertama-tama lakukan konfigurasi pada TLDrop sesuai kebutuhan. Bisa disesuaikan dengan VPS atau RDP yang Anda gunakan.
  • Setelah itu kembali ke halaman utama, lalu klik Pencarian Domain dari menu Tugas.
  • Tempel semua Source URLs yang telah Anda kumpulkan pada tahapan sebelumnya tadi di kotak field Start URLs.
  • Agar tidak memakan waktu yang terlalu lama, coba set Crawl Depth degan angka 5-7 saja.
  • Terakhir, klik Crawl lalu tunggu beberapa saat sampai hasilnya muncul.

Sebagai catatan, aged domain murah ini bisa dicari sesuai dengan keyword yang Anda inginkan. Sedangkan untuk menemukan domain dengan backlink berkualitas, sertakan keyword berupa footprint, misalnya site:kompas.com.

 

Kenapa Harus Membeli Domain Tua?

Cara tadi akan mengantarkan Anda menuju domain spesifik yang bisa dibeli. Tetapi sebelum itu, apakah Anda tahu mengapa aged domain ini banyak dicari dan harganya mahal?

Di awal tadi sudah dijelaskan secara singkat bahwa aged domain atau expired domain bisa memberikan keuntungan bagi sebuah situs. Bahkan bisa dibilang ini adalah investasi jangka panjang. Sementara soal harga, sebenarnya ada pula beberapa aged domain yang justru dijual murah.

Supaya Anda lebih yakin untuk membeli domain yang sudah ditemukan tadi, simak beberapa keuntungan yang bisa didapat dari sebuah aged domain berikut ini.

  1. Sudah punya nama

Bukan tidak mungkin bahwa aged domain yang Anda beli ternyata dulunya pernah punya nama atau bahkan sudah memiliki brand sendiri. Ini tentu akan sangat menguntungkan bagi pemilik sebelumnya, apalagi domain tersebut masih terindeks oleh Google.

  1. Terpercaya oleh Google

Menyambung pernyataan sebelumnya, kepercayaan dari Google ini agak sulit dijelaskan. Intinya, Google memercayai domain yang sudah lebih ‘tua’ dibandingkan yang baru kemarin sore didaftarkan.

  1. Mempunyai backlink

Nah, ini adalah hal yang kita bahas panjang lebar tadi. Backlink ini sangatlah penting dalam pencarian aged domain. Baik itu backlink yang memang sengaja dicari oleh pemilik domain yang lalu atau yang kontekstual. Kegunaannya sangat besar bagi situs baru Anda ke depannya.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara menemukan aged domain berkualitas. Dan yang paling penting bisa Anda lakukan dengan tools gratis. Namun apabila Anda merasa kesulitan, tidak ada salahnya menggunakan jasa untuk mencari aged domain atau membeli database aged domain yang saat ini cukup banyak dijual. Walaupun, dua cara tersebut punya kelemahan masing-masing.

Sekarang saatnya Anda menyiapkan dana lalu beli aged domain murah tersebut di situs-situs lelang domain. Misalnya seperti GoDaddy Auction, situs lelang domain terpercaya yang menawarkan banyak kemudahan. Selamat mencoba!

 

Jika anda tidak mau pusing mencari aged domain, anda dapat menggunakan jasa aged-domain.com. Situs itu menyediakan aged domain murah dan berkualitas.