investor saham

Kiat Berinvestasi Dari 5 Investor Saham Sukses Indonesia

Saat memulai hal baru, Anda tentu tak memiliki pengalaman untuk dipelajari. Kalau begitu, tak ada salahnya mengambil pelajaran dari pengalaman pendahulu. Khusus bidang investasi, cobalah untuk menyimak kiat dari investor saham sukses Indonesia. 

Setidaknya, saat ini tercatat lebih dari 3,53 juta investor dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari jumlah tersebut tentu ada beberapa nama investor yang berhasil menuai sukses dalam bidang saham. Kalau begitu, langsung saja simak beberapa kiat sukses investor saham berikut ini.

John Wen, Berkaca Dari Sang Ibu

Salah satu investor saham indonesia yang sukses adalah John Wen. Dibalik kesuksesannya, John Wen ternyata bermula dari melihat kegagalan sang ibu yang kerap mengalami cut loss saat trading.

Pemahaman saham pun dimulai dengan mempelajari laporan keuangan banyak perusahaan, sehingga membuatnya mampu membaca kondisi dan nilai keuangan suatu badan usaha. 

Menurut John Wen sendiri, terdapat 4 faktor yang perlu diperhatikan saat memilih saham yaitu produk, kompetisi, manajemen, dan validasi. 

Suherman, Status Tidak Jadi Hambatan

Statusnya sebagai satpam nyatanya tak menjadi halangan bagi Suherman untuk menjadi salah satu investor saham terkenal di Indonesia. Berangkat dari kisah ini pun, Suherman mendorong siapa saja untuk berani mencoba. 

Meski begitu, pria yang mendapat gelar MOST Awards 2016 ini juga menerapkan kiat dalam bermain saham. Mulai dari aktif menggali informasi pasar saham, hingga menyusun strategi keuangan menjadi hal yang menurutnya wajib dilakukan. 

Desmond Wira, Pakai Jurus Cuan

Bagi investor saham pemula, tak ada salahnya untuk menggunakan jurus cuan ala Desmond Wira. Cuan yang dimaksud adalah akronim dari Control, Unbiased, Analyse, dan Nimble. Keempat faktor tersebut menurutnya menjadi landasan dasar saat akan berinvestasi saham. 

Jika dideskripsikan, dalam berinvestasi Anda perlu memegang kendali terhadap strategi yang digunakan. Kemudian, perkuat strategi dengan analisis. Tak lupa, kontrol segala emosi agar mampu membaca kondisi pasar secara objektif. 

Ellen May, Bukti Wanita Bisa Unggul

Ellen May menjadi salah satu wanita yang mewarnai deretan nama investor saham di Indonesia. Selain aktif dalam dunia trading sejak 2006, Ellen May juga turut membangun Ellen May Institute demi mengedukasi dalam bidang saham.

Ada beberapa hal yang menurut Ellen perlu diterapkan saat berinvestasi. Salah satunya, menentukan jumlah risiko saat berinvestasi. Ya, kerugian memang tak dapat dipisahkan dengan investasi saham. Oleh karena itu, saat Anda mencapai batas jumlah risiko sebaiknya berhenti dan kembali evaluasi.

Andika Sutoro Putra, Miliarder Muda Indonesia

Bermula dari keingintahuannya soal orang terkaya, ternyata mempertemukan Andika Sutoro Putra dengan seorang investor saham dunia, Warren Buffet, di usia 14 tahun. Selang setahun mempelajari seluk-beluk saham dan mengumpulkan dana pribadi, ia pun turun ke dunia saham di usia 15 tahun. 

Kini, Andika berhasil menghimpun dana hingga lebih dari Rp40 miliar dan membukukan perjalanan investasi sahamnya dalam buku “Anak Muda Miliarder Saham”.

Salah satu pelajaran yang dapat dipetik darinya adalah belajar dari kesalahan. Sempat mengalami kerugian besar di masa awal berinvestasi justru mendorongnya untuk semakin giat menggali informasi. 

Jadi jangan buat kerugian sebagai titik henti, namun jadikanlah sebagai pengalaman untuk awal yang baru.Nah, kiat penting dari investor saham mana yang belum Anda terapkan saat berinvestasi saham? Pada intinya, teruslah belajar dan membuka informasi baru agar langkah investasi saham Anda tetap optimal.