saham telkom

Inilah Kelebihan dan Cara Memulai Investasi Saham Telkom

PT Telekomunikasi Indonesia adalah perusahan yang menaungi Telkomsel dan Indihome yang sudah pasti tidak asing lagi di telinga Anda. Selain terkenal di bidang informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia, saham Telkom juga diminati investor. Lalu, apa kelebihan saham Telkom? Berikut ulasannya.

Kelebihan Berinvestasi Saham Telkom

Saham Blue Chip

Saham perusahaan Telkom atau PT Telekomunikasi Indonesia termasuk ke dalam saham jenis blue chip. Saham blue chip merupakan saham dari perusahaan yang dianjurkan untuk dijadikan investasi.

Saham blue chip sendiri adalah saham dari perusahaan yang memiliki kapitalisasi besar serta pendapatan yang cenderung stabil. Oleh karena itu, tak heran jika saham Telkom masuk ke dalam koleksi favorit investor.

Saat ini harga dari saham Telkom yaitu Rp 3.370 per sahamnya. Saat ini setiap 1 lot saham berisi 100 lembar saham, jadi Anda bisa membeli saham dengan jumlah yang sedikit.

Memiliki Perkembangan yang Baik

Memiliki anak perusahaan Telkomsel dan Indihome ikut menunjang perkembangan pendapatan Telkom. Perusahaan ini memiliki total pelanggan mencapai 160 juta dengan pendapatan anak perusahaan seperti Telkomsel sebesar Rp 15 triliun dan Indihome sebesar Rp 5 triliun.

Dengan perkembangan yang cenderung naik kinerja saham Telkom pun selalu naik dan hal tersebut tentu menguntungkan bagi para investor.

Resiko Rendah

Ketika Anda berinvestasi, salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah resiko. Dengan perkembangan yang baik serta stabil, saham Telkom cenderung memiliki resiko yang rendah. Meski pasar saham sedang cenderung turun, namun kinerja saham TLKM ini terus naik.

Investasi saham di Telkom bisa dilakukan oleh pemula yang sedang memulai investasi saham karena resikonya yang rendah. Jadi, jika Anda sedang memulai di dunia investasi saham, Anda bisa mencoba saham Telkom.

Cara Membeli Saham Telkom

Lalu, gimana cara membeli saham Telkomsel atau TLKM? Sama seperti dengan investasi saham lain. Pertama Anda harus mempunyai akun saham dan rekening efek yang bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi website atau kantor Broker atau Sekuritas. Kedua hal tersebut harus Anda miliki sebelum membeli saham.

Setelah melengkapi persyaratan maka selanjutnya Anda perlu melakukan top up atau deposit ke rekening efek. Untuk jumlah dana awal yang perlu dikirim berbeda beda tergantung pihak broker. Ada yang Rp 2 juta maupun di bawahnya.

Setelah melakukan deposit Anda tinggal unduh aplikasi dari broker untuk membeli saham. Pada aplikasi lakukan login dan pada menu buy order masukkan kode TLKM untuk membeli saham Telkomsel. Setelah itu pilih harga saham yang ingin Anda beli dan jumlah lot yang akan Anda beli di menu Price.

Untuk pengisian lot yaitu minimal 1 lot dengan setiap 1 lot berisi 100 lembar saham, Anda bisa mengisi sesuai dengan kemauan Anda. 

Setelah itu baru Anda bisa klik Buy untuk menyelesaikan transaksi. Setelah itu, Anda sudah berhasil membeli saham Telkomsel.

Jika Anda masih kebingungan untuk membeli investasi di saham Telkom, Anda bisa berkonsultasi dengan broker maupun investor yang sudah berpengalaman untuk mendapat arahan yang lebih jelas.

Itulah beberapa ulasan mengenai saham Telkom. Bagi Anda yang pemula, Anda juga bisa membeli saham Telkom melalui Reksadana. 

Saham Telkom memang memiliki nilai yang baik, namun untung atau tidaknya investasi tergantung rencana dan strategi Anda, jadi rencanakan secara matang investasi Anda.