Ingin Beli Saham Mandiri? Ini 4 Hal Yang Perlu Disiapkan

Saham mandiri (BMRI) menjadi salah satu yang banyak diminati investor saham. Investasi saham merupakan investasi yang lumayan menjanjikan jika kamu bandingkan dengan investasi lainnya. Namun investasi saham juga merupakan hal yang paling beresiko.

BACA JUGA: Kiat Berinvestasi Dari 5 Investor Saham Sukses Indonesia

Jangan khawatir, pada kenyataannya jika kamu mau belajar dan bisa berhati-hati dalam investasi ini, kemungkinan untuk sukses cukup besar. Selain merupakan saham pada salah satu bank terbesar, membeli BMRI juga cukup mudah kamu lakukan.

4 hal yang perlu kamu siapkan sebelum membeli saham mandiri

1. Pengetahuan yang cukup mengenai investasi BMRI

Produk yang berada di dalam bank besar ini pasti tidak sembarangan. Termasuk salah satunya ialah saham mandiri, ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapat jika ingin berinvestasi. Walau demikian, kita sebaiknya punya pengetahuan yang mumpuni terkait investasi saham BMRI itu sendiri.

Dari pengetahuan cara bermain saham, proses beli saham mandiri dan syarat lain hingga cara menjualnya. Saat ini mudah kamu lakukan, terlebih perkembangan teknologi membuat segalanya online. Inovasi terbaru dari investasi saham mandiri juga terbilang mudah diakses secara online, kita hanya perlu mempelajarinya lebih dalam.

2. Buka Akun Rekening Efek dan Lengkapi Dokumen Pendukung

Selanjutnya perlu membuka akun rekening efek pada kantor sekuritas terlebih dahulu. Hal ini bisa secara online atau datang langsung ke kantor sekuritas seperti contohnya Mandiri Sekuritas. Rekening efek tidak sama seperti rekening tabungan pada umumnya yang bisa kita buka lewat kantor cabang bank yang kita inginkan.

Baca juga:  Saham: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, dan Resiko

Secara online, bisa kamu lakukan dengan membuka situs online perusahaan sekuritas. Setelah itu perusahaan tersebut akan mengirim sebuah form yang harus kamu tandatangani dan selanjutnya dikirim kembali. Sedangkan secara langsung, perlu datang ke kantor perusahaan sekuritas terdekat untuk membuka rekening efek.

Setelah mengisi form pendaftaran, selanjutnya lengkapi beberapa dokumen pendukung. Dokumen tersebut seperti KTP atau paspor, KK, Buku Tabungan hingga NPWP hingga materai. Untuk tahap selanjutnya adalah memilih perusahaan sekuritas seperti Mandiri Sekuritas dan lainnya. 

3. Setor dana ke rekening efek dan mulai gunakan aplikasi saham

Langkah selanjutnya kamu bisa menyetor dana ke rekening efek dengan minimal 5 juta guna mengaktifkannya. Beda halnya dengan perusahaan sekuritas asing yang biasanya mematok dana setoran minimal 10 juta. Setelah proses ini selesai kamu lalui, maka akan dapat ID dan pin yang nantinya bisa kamu gunakan untuk membeli saham.

Login menggunakan ID dengan mendownload aplikasi beli saham terlebih dahulu. Aplikasi saham mandiri sekuritas akan memudahkan setiap transaksi kedepannya. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan di laptop hingga ponsel tinggal kita pilih sesuai yang paling nyaman untuk kita.

4. Setor modal pada mandiri sekuritas dan siap berinvestasi saham mandiri BMRI

Setelah semua proses dilalui, selanjutnya kamu bisa menyetor modal minimal 5 juta untuk mahasiswa dan 10 juta untuk nasabah reguler. Selanjutnya pilih saham mandiri sekuritas reguler atau syariah.

Setelah saham mandiri berhasil kamu beli, kamu sendiri juga bisa menjualnya kemudian.

Itulah 4 hal yang perlu dipersiapkan sebelum membeli saham mandiri. Setelah mengetahui beberapa penjelasan di atas, apakah kamu sendiri tertarik untuk mulai berinvestasi saham mandiri?

close

Don’t miss these tips!

We don’t spam!

Artikel Lainnya

usaha untuk remaja wanita

4 Ide Usaha untuk Remaja Wanita Masa Kini

Kebutuhan yang selalu meningkat seringnya membuat orang-orang mencari cara untuk mendapatkan uang. Jika kamu juga demikian, maka mengapa tidak mencoba usaha untuk remaja