Unmute Instagram Story
Panduan Lengkap Cara Unmute Instagram Story

Instagram merupakan salah satu platform media sosial paling populer saat ini, dengan berbagai fitur menarik yang memungkinkan pengguna berbagi momen sehari-hari mereka. Salah satu fitur yang paling banyak digunakan adalah Instagram Story. Namun, terkadang kita mungkin tidak sengaja atau sengaja mematikan (mute) cerita seseorang dan kemudian ingin membunyikannya kembali. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara unmute Instagram Story, sehingga Anda tidak ketinggalan momen penting dari teman atau akun favorit Anda.

Apa Itu Mute dan Unmute Instagram Story?

Sebelum membahas cara unmute Instagram Story, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu mute dan unmute. Fitur mute pada Instagram memungkinkan Anda untuk mematikan cerita atau postingan dari akun tertentu tanpa harus unfollow akun tersebut. Ini sangat berguna jika Anda ingin menjaga feed Anda tetap bersih dan relevan tanpa kehilangan koneksi dengan teman atau akun tersebut.

Unmute adalah kebalikan dari mute, yaitu mengaktifkan kembali cerita atau postingan dari akun yang sebelumnya Anda mute. Proses ini mudah dan cepat dilakukan, dan berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Unmute Instagram Story

1. Melalui Profil Pengguna

Cara pertama untuk unmute Instagram Story adalah melalui profil pengguna yang Anda mute. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi Instagram: Pastikan Anda sudah login ke akun Instagram Anda.
  2. Cari Profil Pengguna: Gunakan fitur pencarian untuk menemukan profil pengguna yang ceritanya ingin Anda unmute.
  3. Masuk ke Profil Pengguna: Ketuk pada nama atau foto profil pengguna untuk masuk ke halaman profil mereka.
  4. Ketuk Ikon Tiga Titik: Di sudut kanan atas layar, Anda akan melihat ikon tiga titik. Ketuk ikon tersebut untuk membuka menu.
  5. Pilih “Unmute”: Di menu yang muncul, Anda akan melihat opsi “Unmute”. Ketuk opsi ini untuk membuka pilihan lebih lanjut.
  6. Pilih “Unmute Story”: Ketuk “Unmute Story” untuk mengaktifkan kembali cerita dari pengguna tersebut.

2. Melalui Instagram Story

Cara kedua untuk unmute Instagram Story adalah melalui cerita itu sendiri. Ini bisa dilakukan jika Anda melihat cerita dari pengguna yang telah Anda mute muncul di bagian bawah daftar cerita. Berikut caranya:

  1. Buka Aplikasi Instagram: Pastikan aplikasi Instagram Anda sudah terbuka dan Anda sudah login.
  2. Geser ke Kanan pada Feed: Di halaman utama feed Instagram Anda, geser ke kanan hingga Anda menemukan deretan cerita di bagian atas.
  3. Cari Cerita yang Di-Mute: Cerita yang di-mute biasanya tampil lebih redup dan berada di akhir deretan cerita.
  4. Tekan dan Tahan Cerita: Tekan dan tahan cerita yang ingin Anda unmute.
  5. Pilih “Unmute”: Setelah Anda menahan cerita, akan muncul opsi “Unmute”. Ketuk opsi ini untuk membuka cerita pengguna tersebut kembali.

3. Melalui Pengaturan Instagram

Cara ketiga adalah melalui pengaturan Instagram. Ini bisa menjadi cara yang lebih langsung jika Anda ingin mengelola semua cerita yang di-mute sekaligus. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi Instagram: Pastikan aplikasi Instagram Anda sudah terbuka dan Anda sudah login.
  2. Masuk ke Profil Anda: Ketuk ikon profil di pojok kanan bawah untuk masuk ke halaman profil Anda.
  3. Ketuk Ikon Menu: Di sudut kanan atas halaman profil Anda, ketuk ikon tiga garis horizontal untuk membuka menu.
  4. Pilih “Settings”: Di menu yang muncul, pilih “Settings” (Pengaturan).
  5. Masuk ke “Privacy”: Di halaman pengaturan, pilih “Privacy” (Privasi).
  6. Pilih “Muted Accounts”: Di bagian privasi, cari dan pilih “Muted Accounts” (Akun yang Di-Mute).
  7. Unmute Pengguna yang Diinginkan: Di halaman ini, Anda akan melihat daftar akun yang telah Anda mute. Pilih akun yang ingin Anda unmute dan ketuk “Unmute”.

Tips Mengelola Instagram Story

Mengelola cerita Instagram bisa menjadi kunci untuk menjaga pengalaman pengguna Anda tetap positif dan relevan. Berikut beberapa tips tambahan:

  • Filter Cerita yang Relevan: Gunakan fitur mute secara bijaksana untuk hanya melihat cerita yang benar-benar Anda minati.
  • Manfaatkan Close Friends: Jika Anda hanya ingin berbagi cerita dengan orang-orang tertentu, gunakan fitur Close Friends untuk membuat daftar teman dekat.
  • Kontrol Waktu Layar: Batasi waktu yang Anda habiskan di Instagram untuk menghindari kecanduan media sosial.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda sekarang dapat dengan mudah unmute Instagram Story dan menikmati kembali cerita dari teman atau akun favorit Anda. Pastikan untuk selalu mengelola akun Instagram Anda dengan bijak agar pengalaman Anda di platform ini tetap menyenangkan dan bermanfaat.

Baca juga: 14 Cara Mendapatkan Followers Gratis di Instagram

Related Articles

Lupa kata sandi atau akun Anda menjadi sasaran perbuatan berbahaya seperti peretasan. Tapi jangan khawatir, ada berbagai cara untuk mengembalikan..
Facebook bisa menampilkan sebuah video YouTube di timeline cukup dengan me-input link dari video utama. Ada peluang besar untuk menggunakan..
Mari kita belajar bersama tentang bagaimana memanfaatkan platform media sosial untuk memasarkan produk. Di era digital ini, hampir semua orang..
Selamat datang di dunia TikTok! Kamu baru bergabung atau sudah lama berada di sana tetapi masih merasa konten TikTok mu..
Beberapa pengguna Instagram mungkin punya pengalaman akun mereka hilang atau akun pengguna lain yang mereka cari tidak bisa ditemukan. Lantas..