Bisnis Online Paling Mudah dengan Media Sosial

bisnis online paling mudah

Media sosial adalah alat yang penting untuk berbagai macam bisnis, mulai dari bisnis online paling mudah hingga yang paling rumit sekalipun. Bagi sebagian orang, pengetahuan tentang media sosial memang telah menjadi bagian yang mutlak dan tidak terpisahkan dari menjalankan bisnis. Jika Anda benar-benar bisa menguasai media sosial, maka itu akan jadi hal yang bagus.

Baca Selanjutnya : Inovasi Bisnis Online Terbaru yang Menginspirasi

Ide Bisnis Online Paling Mudah di Medsos

Selain menjadi alat bisnis, kemampuan mengelola media sosial ternyata juga bisa menjadi bisnis untuk hal itu sendiri. Nah, berikut adalah beberapa ide bisnis potensial yang dapat Anda kembangkan dengan keahlian media sosial Anda.

 

1. Konsultan Media Sosial

Manfaatkan pengetahuan Anda tentang media sosial untuk membantu bisnis orang lain. Ya, ini membantu bisnis orang lain ternyata bisa menjadi bisnis juga. Sebagai konsultan, tugas Anda adalah membantu mengevaluasi rencana pengelolaan media sosial klien dan menentukan strategi apa yang akan digunakan ke depannya.

 

2. Manajer Media Sosial

Anda juga bisa mengambil langkah lebih jauh dari itu dengan benar-benar terjun langsung mengelola akun media sosial milik klien. Dengan begitu, mereka tidak perlu lagi melakukannya sendiri dan Anda pun berpotensi mendapat penghasilan lebih besar.

 

3. Berjualan di Media Sosial

Ide bisnis online paling mudah berikutnya adalah berjualan menggunakan media sosial. Jika Anda sudah memiliki toko ecommerce, tetap hubungkan dengan akun media sosial seperti Facebook dan Instagram. Buatlah akun khusus (bukan akun pribadi) sebagai etalase produk yang ingin dijual langsung melalui platform media sosial.

 

4. Influencer Media Sosial

Jika Anda telah menghabiskan banyak waktu untuk membangun komunitas atau pengikut pribadi di media sosial, ini membuka peluang yang sangat besar. Anda dapat memanfaatkan akun pribadi untuk menjalin kerja sama dengan merek tertentu. Menjadi influencer berarti Anda harus mempromosikan produk atau inisiatif dari klien yang telah membayarkan sejumlah uang.

 

5. Desainer Grafis Media Sosial

Grafik adalah bagian penting untuk banyak platform media sosial, terutama Instagram, Facebook dan Pinterest. Jadi, Anda dapat membangun bisnis dengan memanfaatkan peluang tersebut. Tawarkan jasa desain grafis khusus untuk bisnis sebagai bagian dari kampanye mereka di media sosial.

 

6. Live Streamer

Fitur seperti Instagram atau Facebook Live menawarkan Anda cara untuk melakukan streaming video lebih mudah, praktis dan langsung ke audiens Anda. Jadi jika bisnis yang Anda bangun adalah di bidang komunikasi, kursus atau sejenisnya, Anda dapat menggunakan platform tersebut. YouTube pun sebenarnya sudah lama menyediakan fitur ini, tetapi di Facebook dan Instagram biasanya lebih mudah menemukan penonton-penonton tertarget.

 

7. Meme Marketing

Mungkin terdengar aneh, namun pada kenyataannya konten seperti meme sebenarnya menyimpan banyak potensi untuk pemasaran digital. Tidak heran jika Anda melihat banyak akun meme di media sosial yang ‘ditempeli’ sejumlah sponsor ternama. Anda pun bisa mencoba sendiri masuk ke bidang ini dengan menjadi spesialis atau profesional meme marketer.

 

8. Copywriter Media Sosial

Bagi penulis, Anda tidak melulu harus menulis konten-konten panjang. Ada juga peluang lainnya untuk berkontribusi pada keberhasilan kampanye media sosial suatu bisnis. Tawarkan layanan jasa copywriting kepada orang-orang yang ingin menyusun posting atau iklan mereka di media sosial. Jangan salah, walaupun hanya beberapa kalimat, tetapi satu tulisan copywriter bisa dihargai cukup mahal.

Sudahkah Anda mendapat ide untuk menjalankan bisnis online paling mudah dengan memanfaatkan keterampilan dalam mengelola media sosial? Itu tadi hanya sebatas referensi saja dan mungkin ada ide-ide kreatif lain yang terpikirkan oleh Anda. Selamat mencoba!