Thank you for your visit.
Your links will be created in 8 seconds.

Apa itu Unique Selling Point dan Cara menentukannya?


Setiap bisnis harus punya pembeda dari bisnis lainnya. Unique selling point adalah hal yang membedakan bisnis satu dan yang lainnya. Dengan USP ini, bisnis kamu akan lebih kompetitif dan lebih unggul dari yang lainnya.

Nah, untuk mengetahui apa itu USP, contohnya, dan menentukan USP yang sesuai dengan bisnis kamu, simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu USP?

Unique selling point menjadikan bisnis kamu berbeda dengan bisnis lainnya. Meski produk atau pun jasa yang dijual merupakan bisnis yang sejenis. USP akan menentukan bagaimana pelanggan lebih memilih produk kamu daripada produk sejenis dari kompetitor.

Jika ada ada dua produk atau jasa yang sejenis, pastinya pelanggan akan memilih produk yang lebih menguntungkan. Nilai lebih dari jenis produk yang sejenis itu bisa kamu lihat dari kualitas, harga, pelayanan, dan sebagainya.

Cara Menentukan USP

Terdapat tiga cara menentukan USP. Langsung saja simak bagaimana caranya!

Apa yang diinginkan pelanggan?

Cara pertama ini harus benar-benar kamu perhatikan. Kamu harus tahu apa yang benar-benar pelanggan inginkan. Mengapa pelanggan harus memilih produk kamu dibandingkan dengan produk sejenis lainnya?

Keinginan dari pelanggan ini bisa menjawab bagaimana menemukan keunggulan USP yang akan kamu tentukan. Kamu bisa mengawalinya dengan kualitas produk, bisa juga dengan harga, rasa, pelayanan, kebersihan, fasilitas, dan lain sebagainya.

Berikan Kepuasan

Kepuasan adalah bagian dari sisi psikologi manusia. Beberapa kepuasan bisa didapatkan dari mulai memberikan pelayanan, fasilitas yang lengkap, dan sebagainya.

Kepuasan juga bisa terlihat dari konsep yang kamu tawarkan. Dari konsep tersebut, pelanggan akan tertarik dan menyesuaikannya dengan ekspektasinya.

Terkait: Buktikan Cara Kerja Online Tanpa Modal Buat Anda Berhasil

Penuhi Gengsi

Pangsa pasar yang mampu melihat fenomena ini akan mampu mendapatkan loyalitas paling tinggi dari pelanggan. Ambil contoh seperti produk ponsel dari iPhone.

Siapapun pastinya sudah tahu, bahwa iPhone ini sudah menjadi trademark bagi konsumen yang punya gengsi tinggi.

Dengan brand yang sangat kuat, serta kualitas yang benar-benar sesuai ekspektasi, banyak orang memburunya.

Meski, jika kita lihat dari harganya, iPhone memiliki harga yang sangat tinggi. Seperti namanya, unique selling point adalah sebuah nilai yang membuat bisnis kamu selalu bisa bertahan di berbagai kondisi.

Jadi, bagi kamu yang sedang menjalani usaha, tentukan USP terbaik.

Adblock Detected

Please disable adblock to proceed to the destination page