Silakan tunggu 5 detik...

6 Keuntungan Berbisnis di Instagram dan Cara Meningkatkannya


Salah satu keuntungan berbisnis di Instagram adalah karena saat ini konsumen cenderung menilai kredibilitas suatu bisnis dari media sosial. Bahkan memiliki website saja terkadang belum cukup bagi mereka. Instagram sendiri, bagaimanapun, memang menjadi salah satu media sosial paling diminati saat ini.

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan dan lebih dari 500 juta pengguna aktif harian, Instagram telah berkembang pesat sejak 2010. Tak heran jika platform ini sangat menjanjikan untuk bisnis. 

Para pelaku usaha pun pasti ingin merasakan keuntungan berbisnis di Instagram untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Lantas apa saja keuntungannya? Simak ulasan berikut ini.

 

Manfaat Berbisnis Lewat Instagram

1. Memiliki pemirsa yang lebih terlibat daripada Facebook

Dalam hal popularitas, Facebook—yang membeli Instagram di tahun 2012—memang masih unggul di dunia media sosial. Tetapi statistik membuktikan bahwa pengguna Instagram jauh lebih terlibat dan mudah dipengaruhi daripada pengguna Facebook.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa Instagram memiliki keterlibatan 58 kali lebih banyak per pengikut daripada Facebook. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa pengguna Facebook cenderung menghindari iklan jauh lebih sering daripada pengguna Instagram. 

Tingkat keterlibatan yang tinggi ini menjadikan Instagram sebagai tempat yang efisien bagi para pebisnis yang ingin melibatkan konsumen.

 

2. Instagram adalah tempat menuangkan kreativitas

Feed di Instagram sering dibandingkan dengan galeri seni. Bukan rahasia lagi bahwa platform media sosial ini dipenuhi dengan banyak foto dan video. Jadi akan menyenangkan untuk dilihat karena menarik secara visual. Bisnis dapat memanfaatkan hal-hal kreatif semacam ini. Dengan menggunakan Instagram, karya-karya visual tersebut bisa digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

 

3. Ada fitur Instagram Story

Instagram Story adalah fitur unik berikutnya yang menjadi keuntungan berbisnis di Instagram. Fitur ini memungkinkan Anda mengunggah foto atau video singkat yang akan hilang setelah 24 jam. Story ini muncul tepat di atas beranda pengguna. 

Di samping feed, Instagram Story juga menawarkan elemen lebih kreatif, mulai dari tools untuk menggambar, menulis, opsi filter, augmented reality, dll. Baru-baru ini, Instagram telah menambahkan fitur Sorotan. Ini membuat profil bisnis bisa memilih dan menyimpan story mereka dan tetap bisa diihat setelah 24 jam.

Ada manfaat bisnis tanpa batas dengan Instagram Story. Ini adalah tempat yang bagus untuk menampilkan “cuplikan” tentang bisnis Anda ataupun konten yang sedang terjadi saat itu juga.

 

4. Instagram menawarkan iklan

Mirip dengan Facebook—karena terhubung dengan Facebook—akun bisnis di Instagram juga memiliki opsi mempromosikan konten mereka. Fitur ini sangat bermanfaat, terutama mengingat statistik yang menunjukkan bagaimana penerimaan audiens Instagram terhadap jenis iklan ini.

Manfaat lain untuk beriklan di Instagram adalah bahwa iklan tersebut bisa ditargetkan berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, atau minat pengguna. 

Akun bisnis juga dapat menyertakan tautan dalam posting yang dipromosikan, sehingga memungkinkan pengguna mengklik untuk mempelajari lebih lanjut. Iklan di Instagram juga dapat ditampilkan di Story.

 

5. Sinkronisasi dengan Facebook.

Pada 2012, Instagram dibeli Facebook dengan harga $1 miliar. Pembelian ini datang dengan banyak manfaat bagi para pelaku bisnis di kedua platform ini. Konsep iklan Instagram dan Facebook sangat mirip, karena media-media ini berada di bawah kepemilikan yang sama. 

Bahkan Anda bisa menjalankan iklan yang sama di Facebook dan Instagram pada saat yang bersamaan. Caranya cukup dengan mengintegrasikan akun Instagram dan Facebook.

 

6. Menyediakan analisis yang bermanfaat

Cara mengukur kesuksesan di Instagram itu cukup sederhana. Akun Instagram bisnis dapat memantau jumlah pengikut mereka dan aktivitas keterlibatan keseluruhan, seperti tampilan dan klik. 

Tetapi lebih dari itu, Anda juga akan mendapat laporan analitik bawaan yang akan membantu menganalisis bisnis dengan mudah. Analitik ini berguna untuk mengidentifikasi jenis posting mana yang paling berhasil.

 

Cara Meningkatkan Akun Bisnis di Instagram

Setelah mengetahui apa saja keuntungan berbisnis di Instagram, Anda juga harus tahu bagaimana cara meningkatkannya. Khususnya bagi para pengguna akun bisnis, akun yang telah terintegrasi dengan Fans Page di Facebook. Berikut ulasan singkatnya.

1. Pahami pemirsa

Ini adalah hal yang sangat penting. Anda mungkin bisa membuat konten Instagram paling bagus di dunia, tetapi jika itu tidak menarik bagi target Anda, apa gunanya? Luangkan waktu untuk mencari tahu siapa pemirsa Anda saat ini.

2. Bicara dengan mereka

Pemasaran media sosial bukan alasan untuk mengirim spam ke pengikut Anda dengan berbagai materi promosi. Sangat penting untuk mencoba terlibat dengan pengikut sebanyak mungkin secara wajar. Pasalnya, algoritma Instagram memprioritaskan konten dengan keterlibatan yang lebih tinggi.

3. Gunakan tagar yang relevan

Tagar atau hashtag membantu Anda mengatur dan mengelompokkan konten agar lebih mudah ditemukan. Ini adalah cara sederhana untuk menandai konten Anda agar lebih mudah ditemukan orang lain. Mulai dari tagar umum seperti #love, hingga yang sangat, sangat spesifik. 

4. Tahu jadwal posting

Sebuah jajak pendapat terbaru menemukan bahwa waktu terbaik untuk memposting di Instagram adalah antara pukul 19.00 s.d. 21.00. Jika Anda masih kurang yakin dengan itu, coba sendiri dengan memposting setiap jam. Lihat pada pukul berapa postingan Anda mendapat respons lebih banyak.

5. Menciptakan visual yang menarik

Memposting konten yang menarik selalu penting untuk promosi di media sosial. Inilah yang membuat mereka terlibat lebih banyak dengan bisnis Anda. Konten menarik juga bisa membuat kemungkinan mereka kembali menjadi lebih besar.

 

Penutup

Itulah berbagai keuntungan berbisnis di Instagram. Meski kelihatannya mudah, tetapi percayalah membangun bisnis di Instagram perlu kerja keras. Dengan begitu, Anda baru bisa mendapat keuntungan yang sepadan. Selamat mencoba!

Ups! Tolong matikan adblock kalian.

Jika kalian menggunakan UC Browser, harap ganti browser kalian seperti menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox.