Silakan tunggu 5 detik...

Cara Membuat Akun Instagram dengan Cepat dan Aman


Cara membuat akun Instagram dengan cepat sebenarnya sangat mudah, tetapi tidak boleh asal-asalan. Apalagi kalau akun tersebut tujuannya penting, seperti untuk bisnis atau akun personal sekalipun ataupun untuk kepentingan auto followers instagram. Sebab, ada beberapa standar keamanan yang perlu diperhatikan agar akun Instagram Anda tidak mudah dibobol.

 

Cara Membuat Instagram Lewat HP

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang langkah-langkah membuat akun Instagram secara aman. Oleh karena itu yang perlu Anda persiapkan adalah alamat email yang valid dan nomor HP yang masih aktif. Jika sudah, berikutnya Anda ikuti instruksi di bawah ini.

1. Download aplikasi

Langkah pertama cara membuat akun Instagram dengan cepat adalah download dulu aplikasi Instagram dari toko aplikasi Google Play Store (Android), App Store (iOS) atau Windows Store (Windows OS). Setelah aplikasi terinstal, buka dan tap tombol Sign Up atau Buat Akun di layar utama.

2. Proses Pendaftaran

Di halaman pendaftaran ada tiga pilihan, yaitu untuk mendaftar dengan email, nomor telepon atau login Facebook. Berikut perbedaan masing-masing metode tersebut:

  • Nomor telepon: Anda cukup memasukkan nomor telepon yang masih aktif dengan awalan kode +62 dan diikuti nomor Anda. Setelah itu tap Next/Selanjutnya. Nantinya Anda akan mendapat kode konfirmasi di nomor yang Anda daftarkan melalui SMS.
  • Alamat Email: gunakan alamat email Anda yang valid, bukan asal memasukkan email. Sebab Anda juga harus mengonfirmasi email agar akun Instagram lebih terjamin keamanannya. Setelah itu tap Next/Selanjutnya.
  • Login Facebook: tap tombol masuk dengan akun Facebook, kemudian login dengan detail akun Facebook Anda. Izinkan aplikasi untuk mengakses akun Facebook Anda, pendaftaran selesai.

Di antara tiga opsi di atas, cara termudah adalah yang ketiga. Pasalnya, detail informasinya akan diambil sesuai yang ada di Facebook Anda. 

Mengapa hanya ada login degan Facebook, bukan Google atau Twitter? Seperti Anda ketahui Instagram merupakan salah satu platform yang saat ini berada di bawah naungan Facebook.

3. Melengkapi informasi

Apabila Anda memilih opsi mendaftar dengan nomor telepon atau email, maka Anda harus melewati tahapan ketiga ini. Masukkan nama lengkap atau nama akun, username dan kata sandi. Kemudian tap tombol Next/Selanjutnya.

Anda harus tahu perbedaan nama akun dan username. Nama akun boleh menggunakan spasi dan karakter apapun, contohnya “Ini Nama Saya”. sedangkan di username tidak boleh ada spasi atau karakter selain huruf, angka, titik, dan underscore, contohnya: ini.nama_saya.

Untuk kata sandi atau password, sebaiknya gunakan kombinasi yang tidak mudah ditebak. Jangan gunakan password pasaran seperti 12345678 atau tanggal lahir. Sebaiknya kombinasikan angka, huruf dan tanda baca (minimal 8 karakter).

4. Rekomendasi teman

Di halaman berikutnya, biasanya Anda akan diminta untuk terhubung dengan teman-teman Facebook dan kontak di HP. Jika tidak berminat, maka tinggal tekan tombol Skip atau Lewati.

Kemudian Anda akan diberi beberapa rekomendasi akun untuk diikuti. Pilih beberapa jika Anda mau, jika tidak tekan Done untuk menyelesaikan pendaftaran. Sekarang Anda sudah punya satu akun Instagram.

5. Edit profil

Untuk melengkapi pendaftaran Anda, lengkapi profil dengan menambahkan foto profil dan mengisi kolom bio. Caranya, masuk ke menu profil, kemudian tekan edit profil. Biasanya di situ ada beberapa kolom yang masih perlu dilengkapi.

Bila di awal tadi Anda mendaftar hanya dengan nomor telepon, di sini Anda bisa menambahkan email. Begitu pula sebaliknya, bila mendaftar dengan email maka Anda bisa menambahkan nomor telepon. Tetapi ini opsional atau tidak wajib dilakukan kecuali untuk alasan keamanan.

Di atas tadi adalah langkah-langkah cara membuat akun Instagram dengan cepat melalui aplikasi mobile. Anda juga bisa membuatnya langsung melalui browser di HP atau PC dengan masuk ke alamat instagram.com.

 

Cara Mengamankan Akun Instagram Baru

Keamanan sangat penting bagi pengguna Instagram untuk menghindari ulah oknum nakal yang ingin membobol akun Anda. Ada tiga upaya yang bisa Anda lakukan agar hal tersebut tidak terjadi.

1. Lengkapi profil

Ini adalah alasan mengapa Anda harus menggunakan nomor telepon yang masih aktif dan email valid saat pendaftaran. Ini agar akun Anda terhubung langsung dengan kontak tersebut ketika terjadi sesuatu.

Menghubungkan Instagram ke Facebook juga cukup penting. Andai suatu ketika Instagram Anda dibajak orang lain atau Anda lupa password, maka gunakan metode login dengan Facebook.

2. Verifikasi kontak

Jangan sekadar mendaftarkan nomor telepon atau email, tetapi Anda harus melakukan verifikasi. Biasanya untuk membuktikan kepemilikan kontak, Instagram akan mengirim kode verifkasi lewat SMS atau tombol verifikasi ke email. 

Terkadang verifikasi SMS atau email tidak kunjung masuk ke inbox Anda. Untuk kasus semacam ini, pastikan Anda masih punya pulsa atau tidak salah menuliskan alamat email.

Pastikan kedua informasi kontak tersebut terverifikasi. Ini adalah jalan satu-satunya untuk mengembalikan akun Anda jika dibajak orang atau karena lupa password.

3. Autentikasi dua langkah

Sebenarnya sampai di nomor dua tadi saja akun Anda sudah cukup aman. Tetapi supaya lebih aman, Anda perlu mengaktifkan autentikasi dua langkah. Temukan opsi ini di menu keamanan pada pengaturan.

 

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara membuat akun Instagram dengan cepat. Langkah-langkah di atas sebenarnya tidak memakan waktu lebih dari 10 menit. Sekarang Anda sudah punya akun Instagram pribadi untuk beragam keperluan. Mulai upload konten dan nikmati beragam fiturnya, namun tetap gunakan secara bijak.

Ups! Tolong matikan adblock kalian.

Jika kalian menggunakan UC Browser, harap ganti browser kalian seperti menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox.