cara menjalankan bisnis online

5 Cara Menjalankan Bisnis Online Agar Dikenal Pasar

Dewasa ini semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk melakukan bisnis online. Tetapi bukan berarti kesempatan Kamu untuk berbisnis menjadi hilang. Kamu tetap bisa memiliki bisnis yang sukses asal memperhatikan cara menjalankan bisnis online yang benar.

Berikut adalah 5 cara menjalankan bisnis dari awal hingga proses promosi yang perlu Kamu ketahui:

  1. Mencari Kebutuhan Pasar

Sebelum memulai bisnis, Kamu harus tahu kebutuhan pasar terlebih dahulu. Tidak jarang di luar sana ada bisnis yang hanya berjalan secara singkat. Itu karena produk yang ditawarkan bukan barang atau atau jasa yang tengah dibutuhkan masyarakat.

Bagaimana cara mengetahui Kebutuhan Pasar?

Nah, Kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengetahui kebutuhan pasar. Misalnya seperti di bawah ini:

  •  Melakukan Riset

Mengingat bisnis yang akan Kamu jalankan adalah secara online. Kamu bisa melakukan riset keyword untuk mengetahui kebutuhan konsumen saat ini.

  •  Ikut Forum Jual Beli

Media sosial juga bisa membantu Kamu dalam merintis bisnis. Mulai ikuti forum jual beli dari berbagai media sosial dan amati kebutuhan konsumen. Cari tahu barang apa saja yang paling banyak dicari masyarakat.

  1. Memahami Kompetitor

Selain melakukan riset, Kamu juga harus memahami siapa saja kompetitor yang Kamu hadapi. Kamu bisa membagi kompetitor menjadi dua jenis, yaitu kompetitor dekat dan kompetitor jauh.

Kompetitor dekat adalah mereka yang menawarkan barang atau jasa mirip dengan bisnis yang akan Kamu jalankan. Sedangkan kompetitor jauh menawarkan barang atau jasa yang hampir mirip.

Hal-hal yang perlu Kamu ketahui dari bisnis pesaing adalah desain, bentuk produk, harga yang ditawarkan, serta promosi yang diberikan. Selain itu, Kamu juga bisa mengunjungi website kompetitor untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan dari kompetitor.

  1. Mencari Modal

Selain memiliki tekad yang kuat, Kamu juga harus memiliki modal. Jika Kamu telah memiliki tabungan yang cukup, tentu bisa langsung menggunakannya. Tetapi jika belum, melakukan kerja sama dengan pihak supplier bisa menjadi solusi yang tepat.

Setelah menentukan produk yang akan dijual, Kamu bisa mulai menentukan harga. Biasanya bisnis yang baru banyak diburu pelanggan karena memiliki diskon besar-besaran.

Berbeda jika bisnis yang akan Kamu jalankan berupa jasa. Kamu harus memiliki keahlian sesuai dengan jasa yang Kamu tawarkan.

Jangan lupa untuk mempertahankan pelanggan yang telah membeli produkmu. Sebab, bisnis yang sukses selalu memiliki pelanggan setia.

  1. Membuka Website Resmi

Cara menjalankan bisnis online agar sukses berikutnya adalah membuka website resmi. Beberapa brand atau jasa yang terkenal pasti memiliki website sendiri. Sebab website resmi bisa meningkatkan kepercayaan pasar.

Kamu juga tidak boleh asal-asalan dalam membuka website. Website Kamu harus memiliki domain dan web hosting yang berkualitas. Selain itu, website untuk bisnis juga harus dilindungi oleh SSL agar tidak terserang hacker atau malware.

  1. Melakukan Promosi

Hal paling penting dalam menjalankan bisnis adalah melakukan promosi. Percuma jika Kamu mempunyai produk dan website tetapi tidak mau melakukan promosi. Berikut beberapa hal untuk melakukan promosi yang bisa Kamu terapkan:

  • Media sosial

Gunakan media sosial untuk promosi. Gabung dengan forum jual beli dan sering melakukan promosi di forum tersebut. Kamu bisa menyertakan tautan ke website atau e-commerce yang Kamu gunakan agar konsumen lebih percaya.

  • Terapkan SEO

Kamu juga harus memahami SEO (Searh Engine Optimization) agar bisnis yang Kamu jalankan semakin dikenal. Gunakan keyword yang sesuai untuk memudahkan mesin pencari memunculkan website Kamu.

Itulah 5 cara menjalankan bisnis online yang bisa Kamu terapkan. Selain melakukan tips-tips di atas, Kamu juga harus memiliki tekad kuat dan pantang menyerah.

Sumber :

https://koinworks.com/blog/analisis-kompetitor-sebelum-memilih-bisnis/

https://www.progresstech.co.id/blog/cara-promosi-online-efektif/

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-memulai-bisnis-online/